Soal Pembuangan Sampah Depok ke Nambo, Kang Emil: Izin dari Saya Sudah, Depok Hanya Perlu Bersabar

"Nambo sudah oke juga. Izin dari saya sudah, sedang dirumuskan teknisnya. Karena lokasinya ada di Bogor, ketok pintu dulu ke Bu Ade (Bupati Bogor)."

Soal Pembuangan Sampah Depok ke Nambo, Kang Emil: Izin dari Saya Sudah, Depok Hanya Perlu Bersabar
Warta Kota/Gopis Simatupang
Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil, bersama Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad, di Balai Kota Depok, Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Kamis (18/7/2019). 

Menurut Kang Emil, Depok cuma perlu sabar menunggu karena saat ini masih dilakukan kajian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) seputar aktivitas pembuangan sampah ke sana.

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil mengembuskan angin segar kepada Pemerintah Kota Depok, terkait rencana pembuangan sebagian sampah ke Tempat Pemrosesan dan Pengolahan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut-Nambo di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

Kang Emil, sapaannya, menegaskan bahwa dirinya telah memberi izin agar Depok dapat membuang sampah secepatnya ke wilayah yang dipimpin Bupati Bogor Ade Yasin itu.

"TPPAS Nambo sudah oke juga. Jadi izin dari saya sudah, sedang dirumuskan teknisnya. Karena lokasinya kan bukan di Depok, ada di Bogor. Maka harus ketok pintu dulu ke (Bupati Bogor) Bu Ade Yasin," ujar Kang Emil saat berkunjung ke Balai Kota Depok, Jalan Raya Margonda, Kamis (18/7/2019).

Proses Belajar SMPN 21 Terganggu Proyek Tol, Wakil Wali Kota Tangerang Minta JORR Bertanggung Jawab

Peringatan HLUN di Jakut, Generasi Muda dan Tua Harus Ada Kebersamaan

Jelang Laga Persija Vs PSM, Persija Akan Korek Kelemahan PSM Melalui 3 Mantan Pemainnya

Dikatakan Emil, Depok cuma perlu sabar menunggu karena saat ini masih dilakukan kajian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) seputar aktivitas pembuangan sampah ke sana.

"Jadi kalau sampahnya tercecer, tercecernya di mana, nanti yang komplain siapa kan... Tapi intinya dalam bulan-bulan ini kalau teknisnya sudah aman maka sampah di Depok bisa dibuang ke Nambo," bilang Emil.

Sebelumnya, Depok baru diizinkan buang sampah ke Nambo pada tahun 2020.

Akan tetapi, menurut Kang Emil, hal itu tergantung kajian teknis dan seberapa darurat permasalahan sampah di Kota Depok.

"Tergantung teknisnya. Ini kan sifatnya emergency. Kalau sifatnya emergency ada diskresi untuk pengecualian," jawab Emil ketika ditanya kapan Pemkot Depok boleh mulai buang sampah ke Nambo.

Duit bau

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana melakukan ujicoba pengoperasian Tempat Pemrosesan dan Pengolahan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut-Nambo di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Maret tahun 2020.

Halaman
123
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved