Piala Afrika

Made in France di Final Piala Afrika 2019

Laga final Piala Afrika 2019 ini sanat beraroma Prancis. Pasalnya, banyak pemain Timnas Senegal dan Timnas Aljazair lahir dan besar di Prancis.

Made in France di Final Piala Afrika 2019
Twitter/CAF _Online
Poster Senegal vs Aljazair di Piala Afrika 2019 

Ketika Timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 2018, seorang komedian Afrika Selatan, Trveor Noah, bercanda dengan mengatakan bahwa Afrika yang menjadi juara turnamen di Rusia tersebut.

Maklum, sebagian besar anggota Timnas Prancis itu memiliki darah bangsa-bangsa Afrika. Kakek-nene, bahkan orangtua, mereka berimigrasi dari benua Afrika ke Prancis.

Pernyataan Noah, yang awalnya bahan kelakarnya di tayangan The Daily Show di Amerika Serikat. ternyata menjadi sesuatu serius ketika duta besar Prancis untuk Amerika Serikat (AS), Gérard Araud, menanggapinya.

Kedua orang itu lalu terlibat polemik di media sosial, disaksikan warganet.

Setahun kemudian, harian Paris Le Parisien mengingatkan kembali masyarakat Prancis soal polemik "Prancis - Afrika" ini, dengan menyajikan artikel bahwa Timnas Aljazair adalah "buatan Prancis".

Artikel ini muncul menjelang laga final Piala Afrika 2019, yang mempertemukan Aljazair dengan Senegal. Pertandingan ini akan berlangsung pada Sabtu (20/7) dini hari WIB.

Menurut Le Parisien, tujuh dari 11 pemain penting di skuad inti Aljazair lahir di Prancis, dan memiliki dwi kewraganegaraan, Prancis - Aljazair.

Tujuh pemain itu bukan hanya numpang lahir, namun memperoleh pendidikan dan belajar sepak bola di Prancis. Maka harian ini merasa sah menyebut skuad berjuluk Rubah Gurun ini adalah "made in France".

Mereka adalah Rais Mbolhi sang kiper, lalu para bek Mehdi Zeffane dan Aïssa Mandi. Kemudian empat gelandang Sofiane Feghouli, Ismaël Bennacer, Adlène Guedioura, dan Riyad Mahrez.

Total 14 pemain di skuad Rubah Gurun ini ahir dan belajar sepak bola di Prancis.

Halaman
1234
Penulis: AC Pingkan U
Editor: AC Pinkan Ulaan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved