Infrastruktur

Jasa Marga Bangun Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Pembebasan Lahan Capai 60 Persen

"Saat ini, tanah milik instansi Pemerintah sudah kami peroleh izinnya dan sudah dimulai pekerjaan fisiknya," kata Dedi, Jumat (19/7/2019).

Jasa Marga Bangun Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Pembebasan Lahan Capai 60 Persen
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek 

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), tengah membangun Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Hingga pertengahan Juli 2019, pembebasan seksi III lahan jalan tol tersebut mencapai 60 persen.

Dedi Krisnariawan Sunoto, selaku Direktur Utama PT JJS, mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus mengupayakan percepatan pembebasan lahan.

Yaitu dengan melakukan identifikasi permasalahan pengadaan tanah di lapangan. Serta terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, untuk meminimalisir kendala agar pembangunan fisik dapat segera dilaksanakan.

VIDEO: Ahlinya Komplotan Penipu Modus Anak Kecelakaan, Bisa Tirukan Suara Perempuan Via Telepon

"Saat ini, tanah milik instansi Pemerintah sudah kami peroleh izinnya dan sudah dimulai pekerjaan fisiknya," kata Dedi, Jumat (19/7/2019).

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, lanjutnya, memiliki panjang 62 Km yang terdiri atas 3 seksi.

Seksi tersebut, yaitu Seksi 1 mulai dari Jati Asih menuju Setu sepanjang 9,3 Km.

Lalu Seksi 2 dari Setu menuju ke Taman Mekar sepanjang 24,85 Km. Kemudian Seksi 3 dari Taman Mekar menuju Sadang sepanjang 27,85 Km.

VIDEO: Diduga Epilepsi Kambuh, Wanita Ditemukan Tewas di Kali Bawah Jembatan RSUD Kota Bekasi

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani, mengatakan bahwa pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan akan dimulai dari Seksi 3.

“Dimulai terlebih dahulu sepanjang kurang-lebih 27 Km dari sisi Sadang ke arah selatan. Progress tanah bagus, sudah mencapai 60 persen," katanya.

Ia mengharapkan, tahun ini progress tanah selesai 100 persen. Sementara, konstruksi sudah dimulai, walaupun masih sangat kecil progress-nya. Namun pihaknya tetap optimis bisa selesai di akhir tahun depan.

"Kehadiran Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan. Selain itu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan juga terhubung dengan JORR II dan Jalan Tol Cipularang," jelasnya.

Dengan demikian, dapat pula menurunkan biaya logistik karena distribusi barang. Baik menuju maupun dari wilayah-wilayah yang dilewati kedua jalan tol tersebut.

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved