Pengungsi Asal Timur Tengah

DKI Hanya Bantu, Anies: Jangan Sampai Nanti Tanggung Jawabnya Jadi Pindah Ke DKI

Tanggung jawab masalah pengungsi ada pada Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

DKI Hanya Bantu, Anies: Jangan Sampai Nanti Tanggung Jawabnya Jadi Pindah Ke DKI
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Gubernur DKI Anies Baswedan memberikan penjelasan tentang status bantuan DKI terhadap para pengungsi asal Timur Tengah yang ditampung sementara di Jakarta, Jumat (19/7/2019). 

Gubernur DKI Anies Baswedan meluruskan bahwa Pemprov hanya memberi bantuan sementara kepada para pencari suaka asal Timur Tengah.

Anies menjelaskan saat ini Pemprov memberi tempat tinggal di lahan ex-Kodim Jakarta Barat hanya atas dasar kemanusiaan.

Sementara tanggung jawab sepenuhnya murni dari Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

VIDEO: Suasana Pengungsian Pencari Suaka yang Keberadaannya Ditolak Warga Kalideres

Muhammad Taqi dan Keluarganya Asal Afganistan Ungkap Alasan Jadi Pengungsi

Namun hingga saat ini pihak yang bertanggung jawab belum menemukan solusi atau jalan keluar yang baik untuk para pencari suaka.

"Jangan sampai nanti tanggung jawabnya jadi pindah ke Pemprov DKI. DKI ini membantu, karena saat ini mereka terlantar. Tapi yang harus bertanggung jawab adalah UNHCR," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Terungkap, Ini Penyebab Jumlah Pengungsi Asing di Kalideres Selalu Fluktuatif

VIDEO: Sudah Dikasih Tempat, Pengungsi Asal Timur Tengah Masih Mengeluh

Pasalnya sebelum diberikan tempat sementara oleh Pemprov, para pencari suaka memenuhi trotoar sepanjang Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat.

Anies pun telah memastikan bahwa DKI sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat dan UNHCR untuk kelanjutan masalah tersebut.

"Tadi pagi juga ada pertemuan dengan tim UNHCR. Intinya adalah sesungguhnya wewenangnya itu ada pada UNHCR kemudian pemerintah pusat. Tapi Pemprov DKI dengan menggunakan sumber daya yang ada kita menangani sebagai masalah kemanusiaan," kata Anies. 

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved