Batik Betawi

Batik Betawi Mulai Bangkit, Festival Batik Terogong 2019 Jadi Ajang Promosi

"Kami ingin menunjukkan bahwa budaya batik di masyarakat Betawi sudah ada sejak lama. Batik betawi juga punya ciri khas sendiri."

Batik Betawi Mulai Bangkit, Festival Batik Terogong 2019 Jadi Ajang Promosi
Warta Kota/Feryanto Hari
Warga sedang membuat batik saat acara Festival Batik Terogong di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019). 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin memanfaatkan momentum kebangkitan batik Betawi yang sekian puluh tahun vakum.

Berbagai kegiatan pameran, promosi, dan pembinaan pelaku industri batik digiatkan untuk lebih menggaungkan batik Betawi yang selama ini kalah pamor dengan batik dari luar Jakarta.

Untuk mempromosikan batik Betawi digelar Festival Batik Terogong di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).

Acara yang  digagas oleh Pemerintah Kota Jakarta Selatan ini memamerkan beberapa batik unggulan dari Jakarta Selatan mulai dari batik Terogong, batik Gandaria, dan batik Palbatu.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali menjelaskan bahwa  sebenarnya masih ada beberapa batik dari daerah lain di Jakarta Selatan.

Misalnya,  batik kolalen dari Lenteng Agung atau batik Betawi dari Srengseng Sawah tepatnya di kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

"Kami ingin menunjukkan bahwa budaya batik di masyarakat Betawi sudah ada sejak lama. Batik betawi juga punya ciri khas sendiri," ucap Marullah Matali saat membukan Festival Batik Terogong.

Disparbud Bekasi dan Pencinta Kopi Gelar Pasar Kopi Bekasi di Summarecon

"Adanya festival batik seperti ini tentu ini menjadi hal yang membanggakan untuk menumbuhkembangkan seni dan budaya Indonesia," katanya lagi.

Marullah Matali mengatakan, batik adalah seni budaya Indonesia yang sudah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

Di Jakarta Selatan, kata Marullah Matali, sudah ada kewajiban soal mengenakan batik Betawi bagi Aparatur Sipil Negara setiap Kamis.

Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved