Transfer Pemain

Para Pesepak Bola Ini Hijrah ke Eropa

Sejumlah pemain Asia berhasil menarik perhatian klub-klub Eropa. Inilah mereka yang mulai musim depan akan berkompetisi di benua biru.

Para Pesepak Bola Ini Hijrah ke Eropa
Warta Kota
Ilustrasi: Asia ke Eropa 

Bermain di liga-liga di Eropa, apalagi di lima liga bergengsi di benua biru itu, adalah impian para pesepak bola. Tak terkecuali pesepak bola dari benua Asia.

Namun jalan menuju liga bergengsi Eropa memang tak mudah, sebab setiap liga menuntut kualitas pemain yang tinggi.

Belum lagi ada aturan FIFA soal batasan usia minimal, yakni 18 tahun, untuk pemain dari benua lain.

Apalagi Liga Inggris, karena Asosiasi sepak Bola Inggris (FA) mensyaratkan, seorang pemain dari negara non-Eropa pernah membela timnas negaranya dalam persentase yang cukup tinggi, untuk memperoleh visa kerja.

Jika negaranya berada di peringkat 1-10 FIFA, maka persentasenya 30 persen.

Angka persentase itu semakin tinggi jika peringkat FIFA negara pemain itu semakin rendah. Bahkan untuk pesepak bola asal peringkat 31-50 FIFA, persentasenya 75 persen.

Pemain dari negara peringkat 51 ke bawah hanya bisa bermimpi bermain di level tertinggi di Inggris. Kecuali, dia masuk sekolah sepak bola di Inggris sejak usia belia, sehingga bisa masuk kategori homegrown.

Namun, sulit bukan berarti tak ada pemain Asia yang bisa menembus liga bergengsi Eropa. Sejumlah pesepak bola Asia sudah membuktikannya, seperti Son Heung-min, Maya Yoshida, Shinji Kagawa, dan beberapa pemain lainnya.

Meski saat ini mereka bermain di Liga Inggris, namun mereka menembus Eropa dari liga-liga non Inggris. Setelah menunjukkan prestasi luar biasa, lebih mudah bagi mereka untuk bergabung dengan klub Liga Inggris.

Pada bursa transfer pemain musim panas ini, sejumlah pemain Asia hijrah ke klub-klub Eropa. Inilah mereka sebagaimana dilansir laman AFC:

Halaman
1234
Penulis: AC Pingkan U
Editor: AC Pinkan Ulaan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved