30 Tahun Tak Punya Identitas, Sumi Senang Akhirnya Bisa Rekam KTP el

Dukcapil Jakarta Selatan menggelar layanan GISA atau Gerakan Indonesia Sadar Adminduk dan kegiatan Bina Kependudukan di Balai Rakyat, Kelurahan Bintar

30 Tahun Tak Punya Identitas, Sumi Senang Akhirnya Bisa Rekam KTP el
Wartakotalive.com/Feryanto Hadi
Seorang warga bernama Sumiati (56) bersyukur akhirnya bisa memiliki identitas setelah selama 30 tahun tinggal di Jakarta. 

Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan menggelar layanan GISA atau Gerakan Indonesia Sadar Adminduk dan kegiatan Bina Kependudukan di Balai Rakyat, Kelurahan Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu (17/7).

Sebanyak 797 warga memanfaatkan layanan ini untuk mengurus administrasi kependudukan.

Kasudin Dukcapil Jakarta Selatan, Abdul Haris mengungkapkan, selain sebagai upaya jemput bola kepada warga, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran warga Jakarta mengenai pentingnya administrasi kependudukan.

"Sekaligus kami melakukan pelayanan terhadap warga yang selama ini belum mengurus administrasi kependudukannya. Di sini mereka bisa mendapatkan pelayanan dengan mudah," ungkap Haris di sela kegiatan.

Dalam kegiatan itu, petugas melayani pendistribusian dan permohonan Kartu Identitas Anak, permohonan akte kelahiran, perekaman dan distribusi KTP elektronik serta permohonan dan pendistribusian Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS).

"Antusias masyarakat sangat tinggi sekali, khususnya untuk pengajuan KIA dan SKDS," ungkap kasudin.

Seorang warga bernama Sumiati (56) bersyukur akhirnya bisa memiliki identitas setelah selama 30 tahun tinggal di Jakarta.

"Tadi saya rekam KTP elektronik. Sudah sekitar 30 tahun sejak datang dari Blora, saya nggak ada KTP," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, karena tak memiliki kartu identitas, ia sulit mendapatkan sejumlah pelayanan seperti saat ia sedang sakit dan berobat ke fasilitas kesehatan.

"Ya dari dulu pengin dapat KTP tapi takut nggak bisa karena saya kan pendatang," tandasnya

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved