Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Petugas Damkar Habiskan Waktu 7 Jam Selamatkan Kucing dalam Saluran Air

Meski hanya seekor kucing, namun penanganan evakuasi menggunakan peralatan lengkap dan melibatkan 10 personel.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Ahmad Sabran
istimewa
Damkar selamatkan kucing di Ciracas 

Personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur berhasil menyelamatkan anak kucing yang tersangkut di saluran air. Proses evakuasi pun berlangsung selama 7 jam lamanya.

Kucing malang itu tersangkut di saluran air satu rumah warga di Jalan Persahabatan IV RT 10/RW 08 nomor 50 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Ciracas.

"Kita mulai evakuasi pukul 09.06 WIB, selesai pukul 16.16 WIB. Evakuasi lama karena pemilik rumah tidak mengizinkan anggota untuk membobok saluran air," kata Kasi Ops Sudin PKP Jakarta Timur, Gatot Sulaeman di Ciracas, Jakarta Timur, Senin (15/7).

Meski hanya seekor kucing, namun penanganan evakuasi menggunakan peralatan lengkap dan melibatkan 10 personel.

Lamanya proses evakuasi disebabkan lantaran pemilik rumah menolak petugas untuk membongkar saluran air.

Tak kehabisan akal, personel Sudin PKP Jakarta Timur menyemprot air melalui bagian plafon rumah yang saluran pipanya dimasuki kucing malang tersebut.

Lantaran disemprot, kucing tersebut melarikan diri dan dipancing selang yang sudah dipasangi kamera OTG sehingga pergerakan kucing bisa dipantau lewat handphone.

Setelah tutup saluran air berhasil diangkat, personel Sudin PKP Jakarta Timur berusaha memasukkan tanggannya untuk menggapai kucing.

VIDEO: Warga Pluit Putri Protes Pembangunan Sekolah di Komplek

Namun demikian, tangan petugas terlalu besar untuk dimasukan ke lubang saluran air. Oleh sebab itu petugas menggunakam alat pengait untuk bisa menyelamat kucing kecil itu.

"Nah pas sudah dekat saluran kamar mandi kucing dijepit pakai selang dan saluran air yang di kamar mandi dijebol anggota menggunakan alat cutter sprider agar terangkat," ujarnya.

VIDEO: Suami Tusuk Pacar Istri Sampai Tewas di Sawah Besar

Gatot menyebut kucing tersangkut merupakan kucing liar yang induknya beranak-pinak di atas plafon rumah warga.

"Alhamdulillah kucingnya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, tadi sudah diserahkan ke warga. Tapi itu bukan kucing milik warga, kucing liar," tuturnya. (abs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved