Berita Video

VIDEO: Kondisi Kali Tegal Amba Setelah Dibersihkan Petugas

Aliran air kali pun masih terlihat kering dan hanya sedikit air yang mengalir. Kali masih nampak dipenuhi lumpur berwarna hitam.

VIDEO: Kondisi Kali Tegal Amba Setelah Dibersihkan Petugas
Kompas.com
Kondisi Kali Tegal Amba Jakarta Timur penuh sampah 

Pasca digelar "Gerebek Kali Tegal Amba, Jakarta Timur" pada Sabtu (13/7/2019) lalu, kondisi kali kini bersih dari sampah, Selasa (16/7/2019).

Berdasarkan pantauan Kompas.com pukul 16.00 WIB, tidak terlihat lagi sampah menggenang di permukaan kali. Meski telah dibersihkan, air kali masih terlihat berwarna hitam pekat dan menimbulkan bau tak sedap.

Aliran air kali pun masih terlihat kering dan hanya sedikit air yang mengalir. Kali masih nampak dipenuhi lumpur berwarna hitam.

Titi warga RW 001 Kelurahan Pondok Bambu mengatakan, dirinya mengaku senang dengan kondisi Kali Tegal Amba yang kini jauh lebih baik. Apalagi saat ini petugas kebersihan rutin membersihkan kali tersebut tiap harinya.

"Iya kalinya bersih sekarang enggak ada sampah lagi. Baunya juga berkurang, sekarang sih tiap hari tiap pagi dibersihin sama dua atau tiga orang lah di sini," kata Titi di lokasi, Selasa.

Dia juga mengaku saat ini pasca dibersihkannya kali, nyamuk sudah berkurang sehingga membuat dirinya nyaman saat beristirahat di malam hari.

"Nyamuk juga berkurang, kalau waktu masih kotor kan banyak banget tuh. Sekarang sih sudah sedikit lah Alhamdulillah," ujar Titi.

Slamet, warga RW 001 lainnya berharap Kali Tegal Amba bisa terjaga dengan baik kebersihannya. Serta petugas kebersihan semakin rutin membersihkan dan merawat kali tersebut.

"Ya harus dijaga terus yah, tiap hari dibersihin kalau perlu. Karena sebelumnya itu, kali ini kalau habis dibersihin dan ditinggal seminggu saja sudah kotor lagi," ujar Slamet.

VIDEO : Pelaku Jaringan Narkoba Malaysia Ditangkap Dengan Mobil Bolong Ditembaki

Adapun berdasarkan pantauan Kompas.com sebelumnya, Kali Tegal Amba itu terlihat kotor penuh sampah plastik, kemasan makanan, dan lainnya.

Kali yang melintasi tiga wilayah kelurahan yakni Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit, dan Klender itu juga kering diselimuti lumpur dan tanaman liar.

VIDEO: RICUH Oknum UPCS dan Oknum Jakmania di Stadion Pakansari Cibinong

Namun pada Sabtu lalu, Pemprov DKI Jakarta mengerahkan sekitar 450 personel gabungan untuk membersihkan kali tersebut. Kini kali sudah terlihat lebih bersih dari sampah.

Penulis : Dean Pahrevi

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved