Berita Bekasi

TERNYATA Ada Delapan SMP Swasta di Kota Bekasi Sempat Kekurangan Siswa 2018 Lalu

BMPS Kota Bekasi mencatat ada delapan sekolah swasta di wilayah setempat yang mengalami kekurangan siswa pada tahun ajaran 2018/2019 lalu.

TERNYATA Ada Delapan SMP Swasta di Kota Bekasi Sempat Kekurangan Siswa 2018 Lalu
Kompas.com/M Latief
Siswa SMP. 

BEKASI, WARTAKOTALIVE.COM -- Lembaga Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bekasi mencatat ada delapan sekolah swasta di wilayah setempat yang mengalami kekurangan siswa pada tahun ajaran 2018/2019 lalu.

Angka ini diprediksi bakal meningkat, mengingat Kota Bekasi telah membentuk delapan unit sekolah baru (USB) di wilayah setempat pada tahun ajaran 2019/2020.

"Tahun lalu rata-rata satu kelas tidak lebih dari 15 siswa," kata Sekretaris BMPS Kota Bekasi, Ayung Sardi Dauly pada Selasa (16/7/2019).

Ayung mengatakan, delapan SMP yang mengalami kekurangan siswa pada 2018 lalu di antaranya SMP BPS & K 3 dengan lima siswa.

Lalu SMP Melati Indonesia enam siswa, SMP Wibawa Bangsa 11 siswa, SMP Toga Terang 12 siswa, SMP P Van Dersteur 13 siswa, SMP Islam Al- Fajar sembilan siswa, SMP Penuai 13 siswa dan SMP Quantum Indonesia 15 siswa.

"Bahkan sekarang ada satu SMP itu yang hanya memiliki dua siswa saja," ujar Ayung.

Menurut dia, penyebab sekolah swasta kekurangan siswa karena banyaknya sekolah negeri yang memberikan belajar gratis.

Bahkan, saat ini sudah ada delapan SMPN yang baru saja didirikan pemerintah daerah.

"Untuk sekolah yang kekurangan siswa pada tahun ajaran 2019/2020 masih kita data, namun data awal ada satu SMP yang hanya memiliki dua pelajar," imbuhnya.

Dia mengungkapkan, rencana pemerintah daerah menggiring calon siswa untuk belajar di sekolah swasta, hanya wacana belaka. Dari sekitar 46.000 siswa yang lulus SDN maupun SD Swasta, hanya bisa ditampung 16.000 siswa di SMPN.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved