Berita Video

VIDEO: Talkshow Bahas Tuberculosis Kepada Petugas Posyandu dan Warga Setiabudi Jakarta Selatan

"Harapannya supaya masyakarat memahami dan mengaetahui penyakit TB masih menjadi masalah kesehatan di Jakarta.

VIDEO: Talkshow Bahas Tuberculosis Kepada Petugas Posyandu dan Warga Setiabudi Jakarta Selatan
Warta Kota
talkshow bertajuk optimlisasi posyandu mendukung percepatan eliminasi TB 2030 di aula Puskesmas Setia Budi, Jakarta Selatan, Senin (15/7). 

Komunitas Masyarakat Peduli Tuberkulosis Setiabudi (KMP TB) bersama Puskesmas Kecamatan Setia Budi mengumpulkan ratusan kader posyandu dan warga seiring meningkatnya kasus TBC di wilayah itu sejak beberapa tahun terakhir.

Ratusan warga itu mendapatkan pembelakan dalam sebuah talkshow bertajuk optimlisasi posyandu mendukung percepatan eliminasi TB 2030 di aula Puskesmas Setia Budi, Jakarta Selatan, Senin (15/7).

Narasumber dalam kegiatan itu yakni dr. Media Tanukusumah Sp.A dari Rumah Sakit Medistra, pemerhati kesehatan Okky Asokawati dan Kasudin Kesehatan Jakarta Selatan dr. Muhammad Helmi.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Muhammad Helmi mengatakan, kegiatan bincang sehat yang diinisiasi KM TB Setiabudi ini merupakan bentuk komitmen pemerintah bersama kelompok masyarakat mengenai pencegahanan dan pengendalian Tuberculosis (TB).

"Harapannya supaya masyakarat memahami dan mengaetahui penyakit TB masih menjadi masalah kesehatan di Jakarta. Sekaligus agar masyarakat makin aware agar segera berobat ketika ada gejala-gelaja itu," ujar Helmi di sela kegiatan, Senin (15/7).

Pengentasan TBC menurutnya perlu kerjasama banyak pihak, tidak hanya pemerintah saja.

Untuk itu, ia berharap terbentuknya Kelompok Masyarakat Peduli Tuberculosis (TBC) di Kecamatan Setia Budi bisa menjangkau wilayah lainnya.

"Dengan harapan masyarakat bisa mendukung peran puskesmas dalam mempercepat terwujudnya eliminasi TB di tahun 2030," ungkapnya.

VIDEO: Orangtua di Depok Antar Anak Sekolah Agar Dapat Bangku Terdepan

Ketua KMP TB Kecamatan Setuabudi Haryanto menuturkan, KMP TB Kecamatan Setiabudi terdiri dari kader Posyandu, LMK dan pengurus RW yang berupaya mendorong warga untuk senantiasa melakukan upaya baru yang inovatif dalam pencegahan dan pengendalian TBC melalui informasi bahaya penularan penyakit TBC.

Kelompok ini juga terus berkampanye dalam mengajak penderita TBCbagar tidak malu dalam memeriksakan diri dan menjalankan pengobatan di Puskesmas.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved