Berita Video

VIDEO: MPLS di SMAN 13 Koja, Peserta Didik Baru Jalani Pendidikan Karakter dan Baris Berbaris

“Senang karena di sini aman tidak membuat takut. Kepala sekolahnya menjamin tidak ada bullying atau kekerasan,” ungkapnya.

VIDEO: MPLS di SMAN 13 Koja, Peserta Didik Baru Jalani Pendidikan Karakter dan Baris Berbaris
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 13, Koja, Jakarta Utara, Senin (15/7/2019). 

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA 13, Koja, Jakarta Utara fokus kepada pendidikan karakter siswa selama tiga hari penyelenggaraan yakni pada 15-17 Juli 2019.

Pantauan di SMA 13 Jakarta Utara, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimanfaatkan dengan latihan baris berbaris yang dilakukan di lapangan sekolah.

Seorang siswa, Risya Raihana (15) mengaku antusias dengan hari pertama masuk sekolah di SMA 13. Padahal dirinya tidak memiliki teman yang berasal dari satu sekolah.

“Sempet kikuk karena sendirian. Tapi seneng sih, ada temen baru, kenalan aja,” ungkap lulusan SMP Al Azhar BSD, Tangerang Selatan itu, Senin (15/7).

Namun demikian dirinya tidak memungkiri ada rasa takut dan deg-degan saat masuk sekolah hari pertama. Apalagi dirinya juga sempat diantar orangtuanya ke sekolah sebelum berangkat kerja.

VIDEO: Tiket Anti Galau Berikan Jaminan Uang Kembali 100 Persen Untuk Penerbangan Domestik

Siswa yang tinggal bersama dengan sang nenek di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara itu juga tidak takut dengan kemungkinan adanya perploncoan yang bisa saja terjadi.

“Senang karena di sini aman tidak membuat takut. Kepala sekolahnya menjamin tidak ada bullying atau kekerasan,” ungkapnya.

VIDEO: Suami Tusuk Pacar Istri Sampai Tewas di Sawah Besar

Wakil Bidang Kesiswaan SMA 13 Ade Nuryaman mengatakan MPLS di sekolahnya sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Materi yang diberikan fokus pada pendidikan karakter.

“Materi yang sudah diberikan ke kita baik itu menyangkut penguatan pendidikan karakter yang wawasan wiyata mandala, cara belajar efektif dan sebagainya,” ungkapnya, Senin (15/7).

Selain itu jika pada tahun-tahun sebelumnya ada pengarahan dari Polisi maupun BNN tentang keamanan lingkungan, bahaya narkoba dan sebagainya, kali ini lebih kepada kekerasan seksual.

VIDEO: Satpol PP Tertipkan Lapak PKL di Trotoar Tanah Abang

“Jadi bagaimana anak mengenal tentang hal-hal yang seperti itu. Ini perlu saya kira supaya anak merasa lebih aman, nyaman dan lebih paham tentang masalah-masalah seperti itu,” ungkapnya.

Kegiatan MPLS dimulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Kegiatan diawali dengan apel upacara yang pertama dan kemudian diikuti agenda lainnya sesuai dengan jadwal. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved