Gempa Bumi

Sudah 61 Kali Halmahera Selatan Diguncang Gempa Susulan, 160 Bangunan Roboh

Gempa di Halmahera Selatan pada hari Minggu kemarin memicu gempa susulan. Tercatat sudah 61 kali gempa guncang Halmahera Selatan.

Sudah 61 Kali Halmahera Selatan Diguncang Gempa Susulan, 160 Bangunan Roboh
Istimewa
ILUSTRASI Gempa bumi 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sudah 61 gempa susulan mengguncang Halmahera Selatan paska gempa besar 7,2 Magnitudo kemarin sore.

Informasi yang didapatkan BMKG itu pertanggal 15 Juli 2019 pukul 05.00 WIB dini hari tadi.

“Hingga 15 Juli 2019 pukul 05.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan 61 kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M=5.8 dan magnitudo terkecil M=3.1. 28 gempa diantaranya dirasakan,” tulis BMKG dalam akun Instagram @Infobmkg pada Senin (15/7/2019).

Berdasarkan keterangan yang ditulis Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG
Rahmat Triyono, 61 kali aktivitas gempa itu dipicu dari gempa besar pada Minggu (14/7/2019) pukul 16.10 WIB.

Gempa tektonik tersebut berkekuatan 7,2 Magnitudo.

Pusat gempa terletak pada koordinat 0,56 LS dan 128,06 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 63 km arah timur Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Propinsi Maluku Utara pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Sorong-Bacan,” terang Rahmat.

Rahmat juga menjelaskan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar.

BREAKING NEWS: Dini Hari Ini Lombok Utara Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan Sedang

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Obi V MMI, Labuha III MMI, Manado, Ambon II-III MMI, Ternate, Namlea, Gorontalo, Raja Ampat, Sorong, dan Bolaang Mongondow II MMI.

Dilaporkan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut terjadi di Kecamatan Gane Barat Utara, Kecataman Timur Selatan, Kecamatan Gane Timur Tengah, Kecamatan Gane Dalam, Kecamatan Gane Barat Selatan, Kecamatan Gane Timur, Halmahera Selatan.

Gempa Bumi Magnitudo 5,8 Terjadi di 63 Km Barat Daya Padang Sidempuan Sumut, Tak Berpotensi Tsunami

Halaman
1234
Penulis: Desy Selviany
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved