Depok

Mendapat Tentangan, UI Mulai Ujicoba Sistem Masuk Berbayar ke Lingkungan Kampus

Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, memberlakukan ujicoba sistem masuk berbayar di lingkungan kampus mulai 15-31 Juli 2019.

Mendapat Tentangan, UI Mulai Ujicoba Sistem Masuk Berbayar ke Lingkungan Kampus
Warta Kota/Gopis Simatupang
Meski ditentang mahasiswa dan warga dengan cara berunjuk rasa, Kampus UI Depok mulai memberlakukan ujicoba sistem masuk berbayar di lingkungan kampus, Senin (15/7/2019). 

Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, memberlakukan ujicoba sistem masuk berbayar di lingkungan kampus mulai 15-31 Juli 2019.

Ujicoba penerapan masuk berbayar itu dilakukan di tengah gencarnya tentangan dan penolakan, baik dari mahasiswa maupun warga yang biasa melintas di lingkungan Kampus UI Depok.

Puluhan mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus melakukan aksi demonstrasi memprotes penerapan sistem masuk berbayar itu di depan gerbang Kampus UI Depok, Kecamatan Beji, Kota Depok, Senin (15/7/2019).

Koordinator aksi, Manik Margana Mahendara, mengatakan, mahasiswa UI menolak penerapan secure parking atau parkir masuk UI berbayar karena pihak rektorat belum menyerahkan kajian lingkungan dan analisis dampak lalu lintas akibat kebijakan itu.

Mahasiswa juga menuntut pihak rektorat untuk melibatkan pihak-pihak terdampak seperti mahasiswa UI, Politeknik Negeri Jakarta, dan warga sekitar, sebelum menetapkan kebijakan tersebut.

 Mahfud MD: Pergi Bukan Diusir, Wacana Pemulangan Habib Rizieq Tak Dicampur dengan Politik

 Kisah Loreng Darah Mengalir Jadi Seragam Khas Kopassus yang Melegenda, Sempat Dipakai Marinir AS

 KABAR Kepulangan Rizieq Shihab Menunggu Perintah Hingga Syarat dari Rekonsiliasi

"Kebijakan tanpa sosialisasi, partisipasi pihak-pihak yang terdampak dan tanpa asas-asas umum pemerintah yang baik, tidak memiliki kepatutan untuk diterapkan," kata Manik.

Meski mendapat tentangan, Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Rifelly Dewi Astuti mengatakan, uji coba sistem masuk berbayar di UI tetap dilakukan mulai hari ini hingga 31 Juli 2019 mendatang.

Imbas ujicoba itu, titik-titik pintu masuk yang berpotensi mengalami penumpukan kendaraan adalah di gerbang utama, pintu masuk Pondok Cina, pintu masuk Kukusan dan pintu masuk PNJ.

"Kami mengimbau bagi yang ingin masuk kampus UI dapat memanfaatkan pintu masuk sisi felfest atau Mang Engking untuk menghindari penumpukan di area pintu masuk gerbang utama UI," kata Rifelly Dewi, Senin (15/7/2019).

Uji coba bagi kendaraan roda dua dilakukan bertahap.

 MAKIN PANAS, Wali Kota Tangerang Diseret ke Pengadilan Berselisih dengan Menkumham

 Aurel Hermansyah Dapat Kado Kejutan Mobil Mewah, Al Ghazali Ikut Beri Komentar

 Galih Ginanjar di Penjara, Pesan Barbie Kumalasari Tak Ditanggapi Fairuz A Rafiq, Ingin Minta Maaf?

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved