Akhirnya, Kim Jong Un Resmi Menjabat Kepala Negara Korea Utara, Sebelumnya Hanya Memimpin Militer

BERDASARKAN konstitusi negara, Kim Jong Un secara resmi ditunjuk menjadi kepala negara Korea Utara sekaligus panglima militer tertinggi negara itu.

Akhirnya, Kim Jong Un Resmi Menjabat Kepala Negara Korea Utara, Sebelumnya Hanya Memimpin Militer
abcnews.go.com
FOTO dari siaran televisi saat Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berpidato di Tahun Baru 2019, Selasa (1/1/2019). 

Konstitusi baru, yang dirilis melalui situs resmi negara, Naenara, pada Kamis (11/7/2019), menyebut Kim Jong Un sebagai Ketua Komisi Urusan Negara (SAC), badan pemerintahan tertinggi yang dibentuk pada 2016.

BERDASARKAN konstitusi negara, Kim Jong Un secara resmi ditunjuk menjadi kepala negara Korea Utara sekaligus panglima militer tertinggi negara itu.

Langkah mengubah konstitusi yang menjadikan Kim Jong un Kepala Negara Korea Utara itu dipandang para pengamat kemungkinan bertujuan untuk mempersiapkan perjanjian damai dengan Amerika Serikat.

Korea utara secara teknis masih berperang dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat, setelah Perang Korea 1950-1953 yang berakhir dengan perjanjian gencatan senjata, dan bukan perjanjian damai.

Konstitusi baru Korea Utara, yang dirilis melalui situs resmi negara, Naenara, pada Kamis (11/7/2019), menyebut Kim Jong Un sebagai Ketua Komisi Urusan Negara (SAC), badan pemerintahan tertinggi yang dibentuk pada 2016.

Perbincangan Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Zona Demiliterisasi

Tiba di Rusia dengan Kereta Api Lapis Baja, Ini yang Akan Dibicarakan Kim Jong Un dan Vladimir Putin

Komisi tersebut sebelumnya disebut perwakilan tertinggi seluruh rakyat Korea, yang berarti "kepala negara" dan "panglima tertinggi".

Dalam konstitusi sebelumnya, Kim Jong Un hanya disebut sebagai "pemimpin tertinggi" yang memimpin 'kekuatan militer' seluruh negeri.

Sedangkan pejabat kepala negara resmi Korea Utara dalam konstitusi sebelumnya adalah presiden parlemen tituler, yang dikenal sebagai Presidium Majelis Rakyat Tertinggi.

"Kim Jong Un bermimpi menjadi presiden Korea Utara dan dia secara efektif telah mewujudkannya," kata Kim Dong-yup, profesor di Lembaga Timur Jauh Universitas Kyungnam, Seoul.

Presiden Jokowi Beri Grasi kepada Terpidana Pelecehan Seksual Anak, KPAI: Ini Menyisakan Kepedihan

Grasi Terpidana Kasus Sodomi di JIS, Reza Indragiri Amriel: Manusiawi atau Distorsi?

"Dia telah lama berusaha untuk melepaskan kebijakan militer-utama yang tak wajar dan dianut negara itu dalam waktu yang lama," tambahnya.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved