Berita Video

VIDEO: Dua Tersangka Jalani Belasan Adegan Rekonstruksi Pembunuhan di Pantai Ancol

Minuman keras (miras) yang dikonsumsi dan menjadi salah satu penyebab utama juga dibawa oleh Polisi. Pesta miras digelar di salah satu bangku dekat de

VIDEO: Dua Tersangka Jalani Belasan Adegan Rekonstruksi Pembunuhan di Pantai Ancol
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Tersangka Jadri melakukan reka adegan penusukan yang membuat Hilarius Ladja (31) tewas di Pantai Beach Pool Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (12/7). 

Rekonstruksi kasus penusukan yang menewaskan Hilarius Ladja (31) digelar di Pantai Beach Pool Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (12/7). Total ada sebanyak 18 adegan yang diperagakan Jadri (27) dan Alfredo alias Aped (30).

Rekontruksi dimulai dengan adegan pelaku tiba di lokasi dengan memakai sepeda motor hingga akhirnya terjadi penusukan. Setiap adegan dirunut secara terperinci dan kedua pelaku juga menjelaskan urutan peristiwa yang dilakukannya.

Minuman keras (miras) yang dikonsumsi dan menjadi salah satu penyebab utama juga dibawa oleh Polisi. Pesta miras digelar di salah satu bangku dekat dengan bangunan lifeguard dan musala.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan total ada 18 adegan diperagakan para pelaku dalam rekonstruksi pembunuhan itu. Sementara korban dan saksi diperankan anggota Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara.

VIDEO: Tanggapan Warga Komplek Kehakiman Soal Konflik Menkumham dengan Wali Kota Tangerang

“Pada kesempatan ini kami melakukan 18 adegan, dari mulai adegan kedatangan para tersangka ataupun para korban dan teman-temannya sampai dengan adegan selesai setelah korban ditusuk kemudian dipindahkan ke pinggir jalan dan kemudian ditinggalkan,” ujar Budhi.

Budhi menambahkan, pihaknya menyoroti adegan nomor 13 dan 14 yang diperagakan para pelaku. Pada kedua adegan itu, dapat diketahui secara jelas peran kedua tersangka dalam kasus pembunuhan ini.

VIDEO: Ratna Sarumpaet Divonis Dua Tahun, Begini Tanggapan Atiqah Hasiholan

“Pada adegan 13-14 ada peran aktor intelektual dimana dia (Aped) menyuruh melakukan kepada pelaku (Jadri) untuk melakukan penusukan terhadap korban,” kata Budhi.

Budhi menambahkan, rekonstruksi ini dilakukan untuk membuat terang kasusnya sehingga langsung di tempat kejadian perkara. Diharapkan dengan adanya rekonstruksi tersebut, proses hukum terhadap para pelaku bisa berjalan lancar di pengadilan.

“Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya rekonstruksi ini nanti majelis hakim maupun jaksa penuntut yang akan menyidangkan ada gambaran dengan jelas,” katanya.

Hilarius menjadi korban penusukan dengan 9 luka tusuk di Beach Pool, Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (30/6) dini hari. Para pelaku sempat kabur hingga akhirnya ditangkap pada Selasa (2/7) lalu.

VIDEO: Wanita yang Ajak Pasang Foto Gubernur dan Tak Pasang Foto Presiden Dijadikan Tersangka

Para pelaku dan barang bukti selain pisau seperti pakaian, jam tangan bernoda darah, batu hebel bernoda darah, handphone dan lain-lain dibawa ke Mapolres Jakarta Utara.

Para pelaku dijerat Pasal 338 KUHPidana atau Pasal 351 ayat 3 KUHPidana jo Pasal 55 ayat 1 KUHPidana dan Pasal 221 ayat 1 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved