Advertorial

Matana University Siapkan Lulusan Kompeten Bidang Otomasi dan Teknologi Informasi

Lulusan Sistem Komputer diperlukan dalam berbagai bidang pekerjaan, mulai industri berbasis teknologi, perusahaan jasa maupun industri perdagangan.

Matana University Siapkan Lulusan Kompeten Bidang Otomasi dan Teknologi Informasi
istimewa
Asep Saefullah - Kepala Program Studi Sistem Komputer Matana University. 

Munculnya era revolusi industri 4.0 merambah berbagai sektor kehidupan di seluruh dunia, serta merubah secara radikal konsep industri yang lama menjadi industri berbasis proses manufaktur cerdas. Industri saat ini tidak hanya merancang dan menggunakan mesin industri semata, tetapi juga memerlukan integrasi industri dengan otomasi serta teknologi informasi.

Tak hanya berimbas pada industri, dampak industri 4.0 juga terjadi pada aspek kehidupan, terutama dalam bidang digital telah memacu masyarakat untuk memiliki kehidupan yang lebih praktis dan efisien. Contohnya adalah penggunaan smartphone.

Untuk itu perlu disiapkan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang otomasi dan teknologi informasi yang tertuang lengkap pada Program Studi (Prodi) Sistem Komputer.

Matana University memiliki Program Studi Sistem Komputer yang menyiapkan sumber daya manusia unggul dengan fokus pembelajaran pada Sistem Komputer dan Teknologi Otomasi  atau lebih dikenal dengan istilah Computer Systems & Automation Technologies.

Seperti dikutip dalam siaran pers Matana University yang diterima Warta Kota, Jumat (12/7),  prodi Sistem Komputer memiliki mata kuliah yang unik dalam bidang perangkat keras, perangkat lunak, dan dibekali juga dengan soft skills. Metode pembelajaran berbasis on-labs yang didukung adanya laboratorium-laboratorium yang lengkap dapat menunjang proses pemahaman teori.

Mahasiswa Sistem Komputer diarahkan untuk memiliki kompetensi utama dalam bidang computer automation system, smart system, network engineering & security, dan programming. Disamping kompetensi tersebut, mahasiswa Sistem Komputer Matana University juga dibekali dengan sertifikasi kompetensi bidang pemrograman dan jaringan.

Program Studi (Prodi) Sistem Komputer Matana University.
Program Studi (Prodi) Sistem Komputer Matana University. (istimewa)

Untuk pemrograman dilakukan sertifikasi melalui BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), sedangkan untuk penguasaan jaringan dilakukan sertifikasi internasional MTCNA (Mikrotik Certified Network Associate)/ CCNA (Cisco Certified Network Associate).

Lulusan Sistem Komputer diperlukan dalam berbagai bidang pekerjaan, mulai dari industri berbasis teknologi, perusahaan jasa maupun industri perdagangan.

Lulusan Sistem Komputer dapat berkarier dalam berbagai bidang, diantaranya Network Engineer, Network Administrator, Computer Hardware Engineer, Computer Software Engineer, Computer Database Engineer, Computer Factory Engineer, System Analyst, Programmer, IT Consultant, Microprocessor & Microcontroller Developer Engineer, Computer Control Engineer, Automation System Engineer hingga Robotic Engineer. (*/dip)

Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved