Belasan Orang Asing dari Nigeria Kabur Terbirit-Birit Dikejar Imigrasi Tangerang

Belasan Orang Asing dari Nigeria Kabur Terbirit-Birit Dikejar Imigrasi Tangerang. Umumnya mereka overstay tanpa dokumen.

Belasan Orang Asing  dari Nigeria Kabur Terbirit-Birit Dikejar Imigrasi Tangerang
Istimewa
Petugas Imigrasi mengamankan WNA yang diduga tanpa dokumen di kawasan Summarecon, Kabupaten Tangerang, Kamis (11/7/2019). 

Sebanyak 16 warga negara asing (WNA) yang diduga tidak memiliki dokumen yang lengkap atau melebihi batas waktu izin tinggal di Indonesia diamankan oleh Kantor Imigrasi Tangerang bersama tim gabungan.

Belasan WNA itu dijaring di tiga titik di daerah Serpong, Tangerang Selatan, dan daerah Summarecon, Kabupaten Tangerang, Kamis (11/7/2019) kemarin.

Kepala Kantor Imigrasi Tangerang, Herman Lukman mengatakan, para WNA yang diamankan ini nantinya akan dideportasi ke tempat asalnya jika terbukti ilegal.

"Kalau ada paspornya kita lakukan pemeriksaan dan kita deportasi, kalau nggak ada kita tahan sampai dokumennya ada, biasanya kita kerja sama dengan kedutaan untuk pemulangannya," ungkap Herman.

WNA yang diamankan sebagian besar berasal dari Nigeria, terdapat juga beberapa dari Maladewa dan Senegal.

Ketika akan diamankan di kawasan kos-kosan dan apartemen, sempat terdapat WNA yang mencoba melarikan diri hingga kabur ke loteng.

Petugas juga harus mendobrak pintu yang dikunci dan mengejar WNA yang mencoba mengambil langkah seribu.

"Ada yang kabur ke atas, tapi nggak ada yang lolos, semuanya bisa kita tangkap," ujar Herman.

Berdasarkan pengalaman, Herman menjelaskan, biasanya WNA ini tinggal terlalu lama di Indonesia dan tidak memiliki kelengkapan dokumen dan mengaku bekerja dengan membuka usaha.

"Biasanya mayoritas overstay tanpa dokumen, kemarin kita tangkap 31 tanpa dokumen, sudah kita pulangkan secara bertahap," katanya.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved