Jurnalis Arab Saudi Hilang

Arab Saudi Serukan Boikot Liburan ke Turki dan Semua Produknya, Buntut Pembunuhan Jamal Khashoggi

KASUS pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi yang membuat keretakan hubungan antara Arab Saudi dan Turki diyakini bakal berimbas ke sektor ekonomi.

Arab Saudi Serukan Boikot Liburan ke Turki dan Semua Produknya, Buntut Pembunuhan Jamal Khashoggi
inquisitr.com
JAMAL Khashoggi, Jurnalis Arab Saudi 

Buntut kasus pembunuhan Jamal Khashoggi menimbulkan ajakan boikot agar tak berlibur ke Turki. Bahkan, seruan untuk memboikot segala produk dari Ankara.

KASUS pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi yang membuat keretakan hubungan antara Arab Saudi dan Turki diyakini bakal berimbas ke sektor ekonomi.

Hal ini tak lepas dari perkembangan yang terjadi belakangan, di mana berkembang seruan supaya orang-orang kaya yang ada di kerajaan kaya minyak itu untuk melakukan boikot dengan tak berlibur ke Turki.

Dilansir AFP Kamis (11/7/2019), dua negara penganut Islam Sunni itu mempunyai sejarah rivalitas geopolitik. Namun hubungan itu makin memburuk.

Penyebabnya adalah kasus pembunuhan Jamal Khashoggi yang terjadi di Kantor Konsulat Saudi di Istanbul 2 Oktober 2018 lalu, di mana Putra Mahkota Mohammed bin Salman diduga ikut terlibat.

Terungkap, Percakapan Tim Pembunuh soal Cara Membawa Jasad Jamal Khashoggi, Begini Isinya

Pengawal Pangeran MBS Sebut Jamal Khashoggi Hewan Kurban, Arab Saudi Berusaha Hancurkan Bukti

Pakar HAM PBB: Ada Bukti Putra Mahkota Arab Saudi MBS Terlibat Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi

Setiap tahun, ratusan ribu kaum borjuis Saudi berlibur ke Turki karena iklmnya yang lebih lembut, airnya yang biru kehijauan, hingga status sebagai persimpangan Barat dan Timur.

Namun tensi karena pembunuhan Jamal Khashoggi membuat kalangan nasionalis hingga media pro-pemerintah menyerukan boikot liburan ke Turki yang ekonominya tengah melambat.

"Jangan ke Turki" atau "Turki Tidak Aman" merupakan kalimat yang menjadi tajuk berita dengan sejumlah harian mulai mempublikasikan liputan itu beberapa bulan terakhir.

5 Rencana Jokowi Menata Labuan Bajo, dari Perpanjang Runway hingga Bidik Segmentasi Premium 

Ketua DPD Demokrat DKI: Kongres Partai Demokrat Tetap Digelar 2020, Belum Ada Arahan soal Koalisi

Lolos Seleksi Administrasi Capim KPK, Basaria Panjaitan Optimistis Lolos Tahapan Berikutnya

Banyak media, termasuk Al Arabiya, merilis peringatan dari Kedutaan Saudi di Ankara soal meningkatnya pencurian paspor maupun kejahatan lainnya.

Seruan itu nampaknya membuahkan hasil dengan Kementerian Pariwisata Turki melaporkan kunjungan wisatawan dari Turki anjlok 30 persen dalam lima bulan pertama 2019.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved