Breaking News:

Kunjungi Nusa Tenggara Timur, Presiden Jokowi Ajak Iriana Lihat Komodo di Alam Liar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Iriana Jokowi melihat komodo di alam liar. Kunjungannya juga untuk memantau perbaikan kawasan Taman Nasional.

Setkab.go.id
Presiden Jokowi dan rombongan menyaksikan Komodo saat mengunjungi Pulau Rinca, Labuan Bajo, NTT, Kamis (11/7) pagi. (Foto: Rahmat/HumasO) 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) ketemu komodo saat mengunjungi Pulau Rinca di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ditemani istrinya Iriana Jokowi, Presiden mengamati komodo-komodo di alam liar.

Dalam foto yang dibagikan Presiden Jokowi, terlihat Ibu negara ke-6 Iriana Jokowi memakai baju putih duduk mengamati komodo-komodo yang berkeliaran di taman nasional.

Tiba di Pengadilan Menjelang Digelarnya Sidang Perdana, Sandy Tumiwa Hanya Ingin Sembuh dari Narkoba

“Saya ke sini bersama Ibu Negara siang ini untuk memantau rencana penataan kawasan Taman Nasional Komodo yang, sebagaimana Labuan Bajo, hendak kita kembangkan sebagai kawasan wisata andalan,” tulis Presiden dalam unggahannya Kamis (11/7/2019).

Pisahkan Konservasi dan Turis

Dikutip dari Setkab.go.id Presiden Jokowi mengemukakan, pembenahan kawasan dan pembangunan fasilitas-fasilitas Pulau Komodo harus terintegrasi dengan Pulau Rinca, yang masih termasuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Komodo.

Saat ini di Pulau Komodo kurang lebih ada 1.700 komodo dan di Pulau Rinca kurang lebih ada 1.040 komodo. Untuk itu, Presiden meminta agar betul-betul dihitung daya dukungnya.

“Jangan sampai kita loss, bukan hanya urusan turisme tapi tidak juga melihat bahwa ini adalah kawasan konservasi,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan saat mengunjungi Pulau Rinca, di kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/7) pagi.

Video: Polisi Geledah Rumah Pablo Benua dan Rey Utami di Bogor Terkait Kasus Bau Ikan Asin

Menurut Presiden, nantinya akan dibuat desain besar untuk turis agar bisa dibedakan dimana yang untuk konservasi dan dimana untuk turis.

“Kita ingin nanti misalnya Pulau Komodo betul-betul lebih ditujukan untuk konservasi sehingga turis di situ betul-betul kita batasi, ada kuota, bayarnya mahal. Kalau enggak mampu bayar enggak usah ke sana. Misalnya seperti itu, tapi mau lihat Komodo juga masih bisa di Pula Rinca,” ujar Presiden Jokowi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved