Berita Tangerang

Kampanye Pengurangan Kantong Plastik, Alfamart Luncurkan Produk Tasini

Indonesia setidaknya menghasilkan 64 juta ton sampah plastik pertahun berdasarkan data BPS tahun 2018.

Kampanye Pengurangan Kantong Plastik, Alfamart Luncurkan Produk Tasini
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Peluncuran Tasini di Alfa Tower Alam Sutera, Tangerang, Kamis (11/7/2019). 

Sebagai penyumbang limbah plastik terbesar kedua di dunia, Indonesia setidaknya menghasilkan 64 juta ton sampah plastik pertahun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga menyampaikan, baru 10-15 persen sampah plastik yang didaur ulang.

Sedangkan 60-70 persen ditimbun di TPA dan 15-30 persen belum terkelola hingga mencemari lingkungan, termasuk perairan seperti sungai, danau, dan laut.

Atas permasalahan itu, Alfamart sebagai jaringan minimarket menginisiasi rangkaian program dalam tujuan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Konsumen kini dianjurkan untuk menggunakan tas belanja ulang pakai yang tersedia di Alfamart, beberapa di antaranya yang tersedia, yakni tas belanja warna-warni, tas belanja karakter toko kartun, dan yang terbaru Tasini.

 BREAKING NEWS: Polisi Tetapkan Galih Ginanjar, Pablo Benua dan Rey Utami Tersangka Bau Ikan Asin

 Datangi Pulau Reklamasi, Ruhut Sitompul Sampai Terkaget-kaget: Anies Baswedan Lupa Janjinya

 Terbebas dari Kanker Ria Irawan Bagikan 3 Jurus Jitu, Bukan Obat Medis!

Tasini merupakan ide inisiatif dari organisasi lingkungan yang juga perusahaan sosial Making Oceans Plastic Free yang ada di Indonesia dan Jerman.

Dikemas dalam bentuk gantungan kunci yang mudah dibawa, Tasini juga berbentuk karakter hewan laut penyu, hiu, dan gurita.

"Kami mendesain Tasini dengan karakter hewan laut untuk meningkatkan kesadaran akan ekosistem yang ingin kami lindungi," kata Roger Spranz, salah satu penggagas Making Oceans Plastic Free di Alfa Tower Alam Sutera, Tangerang, Kamis (11/7/2019).

Tasini merupakan tas yang terbut dari limbah botol plastik (recycled PET) yang didaur ulang kembali menjadi bahan kain sintetis yang kuat dan berkualitas.

"Sampah plastik yang tidak didaur ulang akan menumpuk di TPA dan mencemari lingkungan, Tasini adalah hasil memanfaatkan plastik bekas yang didaur ulang," ujar Roger.

Produk Tasini bisa didapat di toko Alfamart tertentu di area Jabodetabek yang dibandrol Rp 39.900.

 MEMANAS! Wali Kota Tangerang dan Menkumham Bersitegang, Ini Penyebabnya

 TERUNGKAP Penampilan Anggun yang Sederhana Jadi Sorotan saat Pulang Kampung ke Kroya Cilacap

 Heboh Penyanyi Internasional Anggun C Sasmi Saat Pulang Kampung ke Kroya, Tetap Pakai Sendal Jepit

Hasil dari penjualan itu nantinya akan digunakan Organisasi Yayasan Making Oceans Plastic Free untuk membeli limbah plastik PET kemudian didaur ulang kembali menjadi produk Tasini.

Di samping itu, sejak 2018 lingkungan pekerjaan Alfamart juga sudah menerapkan konsep 5R yakni Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, dan Rethink.

"Kampanye tersebut tercermin dalam keseharian karyawan yang hanya menggunakan botol monum ulang sekali pakai atau tumbler, menolak kantong plastik saat berbelanja, menggunakan kotak makanan sendiri untuk kemasan makanan, dan sebagainya," ungkap Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Nur Rachman.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved