Pungli

Dukung Rumini Bongkar Pungli, Mahasiswa Gelar Demo di Puspemkot Tangsel

Dukung Mantan Guru Honorer Rumini Bongkar Pungli, Mahasiswa Gelar Demo di Puspemkot Tangsel

Dukung Rumini Bongkar Pungli, Mahasiswa Gelar Demo di Puspemkot Tangsel
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Unjuk rasa mahasiswa soal pungutan liar pendidikan di sekolah yang digelar di Puspemkot Tangerang Selatan, Serua, Ciputat, Kamis (11/7/2019). 

Puluhan mahasiswa menggeruduk Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Kota Tangerang Selatan, Serua, Ciputat, Kamis (11/7/2019).

Menggelar aksi  unjuk rasa atau demo menuntut penyelesaian kasus pungutan liar (pungli) yang terjadi di sekolah di Tangsel.

Aksi ini digelar menyusul adanya pemecatan guru honorer di SDN 02 Pondok Pucung, Rumini yang diduga mendapat intimidasi hingga pemecatan lantaran membongkar praktik pungli yang terjadi di sekolahnya.

Para mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Tangerang Selatan (KMTS) membawa replika keranda bertuliskan "Matinya Pendidikan Sekolah Ladang Pungli, Guru Diintimitasi".

Dalam orasinya, mahasiswa meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan serius untuk menangani dugaan pungli yang terjadi di sekolah.

"Kami menilai pemecaran terhadap Ibu Rumini adalah upaya pembungkaman terhadap sikap Ibu Rumini yang ingin mengungkapkan adanya praktik pungutan liar dan ketidakmampuan pemerintah dalam menangani persoalan pungli pendidikan yang sudah menjadi rahasia umum," ungkap Koordinator Aksi, Septian Haditama.

Pasalnya, Rumini membeberkan dugaan praktik pungli di SDN 02 Pondok Pucung berupa iuran pemasangan proyektor, iuran laboratorium komputer, dan pembelian buku secara mandiri.

Padahal sekolah sudah mendapat bantuan dana dari Biaya Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDa).

"Sebab jika kasus Rumini tidak dituntaskan kami khawatir tindakan intimidasi dapat menjadi ancaman untuk para gara dan masyarakat lainnya," kata Septian.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan, Taryono juga diminta untuk turun dan bertemu dengan para demonstran.

Halaman
1234
Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved