Berita Video

VIDEO: Orangtua Murid di Bekasi Kaget Ada SMP Negeri Baru di Duren Jaya

Murid SDN 10 bakal dilebur (merger) dengan 3 SDN lainnya yang berada dalam satu kompleks, yakni SDN 1, 3, dan 8 Duren Jaya.

VIDEO: Orangtua Murid di Bekasi Kaget Ada SMP Negeri Baru di Duren Jaya
Kompas.com
SMPN 57 Bekasi 

Sejumlah perempuan yang tinggal di Kelurahan Duren Jaya, Bekasi Timur, kaget dengan munculnya unit sekolah baru (USB) SMPN 57 Bekasi di kelurahan mereka.

SMPN 57 Bekasi akan memakai gedung eks SDN 10 Duren Jaya. Murid SDN 10 bakal dilebur (merger) dengan 3 SDN lainnya yang berada dalam satu kompleks, yakni SDN 1, 3, dan 8 Duren Jaya.

Kemunculan USB SMPN 57 jadi mengagetkan karena baru diinformasikan kepada warga pada hari kedua penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kota Bekasi tahap kedua, Selasa (9/7/2019) kemarin.

VIDEO: Puluhan Rumah Warga di Manggarai Ludes Terbakar

VIDEO: Petugas Angkat 500 Kg Sampah dan Lumpur dari Kali Tegal Amba

VIDEO: Konter HP di Kramat Jati Jadi Sasaran Maling Modus Mau Beli Ponsel

"Sebenarnya sudah lama ada omongan-omongan mau ada SMP negeri di sini, cuma kemarin-kemarin melempem kayak enggak jadi," ujar Roswati, salah satu orangtua murid saat ditemui di depan rumahnya, Rabu.

Sejumlah perempuan teman berbincang Roswati yang enggan disebut namanya mengatakan, kemunculan SMPN 57 Bekasi pada hari kedua PPDB tahap dua membuatnya sedikit jengkel.

Pasalnya, ia telanjur mendaftarkan anaknya ke SMP swasta. Anaknya tak mendapat sekolah pada sistem zonasi PPDB tahap satu di dua SMP terdekat, yakni SMPN 11 dan SMPN 32 Bekasi. Ia kalah bersaing karena dua calon sekolahnya berada di lain kelurahan, yakni Aren Jaya.

"Ke SMPN 32 itu angkanya kemarin 1.650 meter, enggak dapat anak saya," kata perempuan tersebut.

"Pas Jumat tahu anak enggak keterima ,sudah langsung ke swasta mikirnya. Waktu itu belum dikasih tahu kalau bakal ada SMPN 7 Bekasi, baru dikasih tahunya Selasa.

Kalau tahu, ke sini saja. Kalau ke swasta kan duit pendaftarannya mana bisa dikembaliin?" kata dia.

Perihal keterlambatan penetapan adanya USB SMPN 57 Bekasi juga diakui guru olahraga SDN 10 Duren Jaya, Zili.

"Pas pendaftaran tahap pertama belum dibuka (SMPN 57 Bekasi). Baru banget dibuka saya baru tahu kemarin rapat terakhir itu membahas merger SD-SD, belum bahas soal ada dibuka SMP," kata Zili.

"Jadi pas hari Selasa jadi SMP, terus setelah diminta jadi SMP kami langsung beresin ini. Langsung kami geber," imbuhnya.

Kompas.com coba menghubungi Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah, untuk mengonfirmasi lebih lanjut, tetapi belum mendapatkan tanggapan. Namun, Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Mawardi membenarkan hal ini.

"Iya, benar ada USB SMPN 57 di Duren Jaya," kata Mawardi, Rabu sore.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Orangtua di Duren Jaya Bekasi Kaget Tiba-tiba Muncul SMPN 57",
Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Egidius Patnistik

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved