Berita Video

VIDEO: Gubernur Anies Acungkan Dua Jari Saat Bertemu Warga Korban Kebakaran

Anies tiba sekira pukul 10.25 WIB dan meninggalkan lokasi sekira pukul 11.23 WIB setelah menyerahkan bantuan awal pembangunan rumah uang Rp 50 juta ba

VIDEO: Gubernur Anies Acungkan Dua Jari Saat Bertemu Warga Korban Kebakaran
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di tempat pengungsian para korban kebakaran Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (7/7/2019). 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menungacungkan salam dua jari kala berkunjung ke permukiman warga RT 10/RW 07 Kelurahan Cipinang Besar Selatan yang pada Sabtu (6/7/2019) dilanda kebakaran.

Salam dua jari itu guna membalas sapa warga Kelurahan Cipinang Besar Utara yang wilayahnya dipisahkan Kali Cipinang dengan warga Kelurahan Cipinang Besar Selatan.

Meski singkat, kunjungan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era pemerintahan Presiden Joko Widodo itu mendapat sambutan hangat dari warga.

"Ada 26 rumah yang terbakar, pagi-pagi kejadiannya. ada 47 kepala keluarga. Sekitar 147 jiwa. Dan mereka semua, saat ini, sementara menempati tempat pengungsian di sekolah," kata Anies di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (7/7/2019).

VIDEO: Kecelakaan Fatal di Jagorawi, Bocah Penumpang Datsun Tewas dalam Perjalanan ke Rumah Sakit

VIDEO: Ini Kontrakan Tempat Suami Gorok Istri Karena Tidak Mau Berhubungan Intim

VIDEO: Angga Wijaya Kaget Digosipkan Akan Bercerai dengan Dewi Perssik Saat Ada Kasus Hukum VS Rosa

Anies tiba sekira pukul 10.25 WIB dan meninggalkan lokasi sekira pukul 11.23 WIB setelah menyerahkan bantuan awal pembangunan rumah uang Rp 50 juta bagi warga.

Dia menyempatkan diri berterima kasih dan menanyakan kronologis kejadian kepada personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur.

Pasalnya butuh waktu sekitar tiga jam bagi 90 personel Sudin PKP Jakarta Timur untuk memadamkan api yang mengakibatkan 147 jiwa kehilangan tempat tinggalnya.

"Respon cepat dari pemadam kebakaran Alhamdulilah mencegah api ini meluas. Sehingga meskipun musibah ini bukan sesuatu yang kita harapkan, tapi Alhamdulilah bisa terisolasi sehingga tidak meluas," ujarnya.

Dia menjamin seluruh pengungsi yang bermalam di tiga tenda halaman SDN 03/04 Cipinang Besar Selatan tercukupi seluruh kebutuhannya.

Baik logistik makanan, kesehatan, obat, sanitasi, hingga layanan pembuatan identitas baru bagi warga yang tak sempat menyelamatkan identitasnya.

"Kami respon lewat tim pemadam, kemudian Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, termasuk Kependudukan dan catatan Sipil. Semua dokumen yang rusak, hilang, terbakar, akan disiapkan penggantinya," tuturnya.

Dia juga meminta Pemkot Jakarta Timur yang dipimpin Wali Kota M. Anwar lekas mencarikan tempat sementara bagi 147 warga yang kehilangan tempat tinggal.

Pasalnya 15 Juni mendatang kegiatan tahun ajaran baru dimulai, sehingga SDN 03/04 Cipinang Besar Selatan bakal kembali dipadati murid-murid.

"Nanti pak Wali Kota akan membicarakan letak yang paling pas, tapi saat ini kita siapkan dulu di sini. Sampai nanti kita punya solusi untuk rehabilitasi," lanjut Anies.

Perihal sebab kebakaran, Anies mengaku Pemprov DKI masih menunggu hasil penyelidikan Unit Reskrim Polsek Jatinegara terkait sebab kebakaran.

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved