Sakit Gagal Ginjal, Pasutri Calon Jamaah Haji Ditunda Keberangkatannya

Pasang suami istri calon jamaah haji kloter enam asal Kota Bandung, Jawa Barat ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci untuk melaksanakan haji.

Sakit Gagal Ginjal, Pasutri Calon Jamaah Haji Ditunda Keberangkatannya
Warta Kota/Muhammad Azzam
Calon jemaah haji asal Indonesia sedang mendaftarkan diri untuk pemeriksaan kesehatan menjelang keberangkatan. 

Pasang suami istri calon jamaah haji kloter enam asal Kota Bandung, Jawa Barat ditunda keberangkatannya menuju Tanah Suci untuk melaksanakan haji.

Pasutri itu dipastikan batal berangkat setelah tidak lolos pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Jalan Kemakmuran, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

"Iya benar ada pasangan suami istri ditunda keberangkatannya karena setelah dicek kesehatannya suaminya sakit gagal ginjal stadium empat," ujar Ketua Panitia Bidang Kesehatan PPIH Jawa Barat, Yani Dwiyuli, Selasa (9/7/2019).

Yani menjelaskan jamaah calon haji itu atas nama Suwarno (62) dan istrinya bernama Sri Wahyuni (60).

Dua Orang Jemaah Embarkasi Jakarta-Pondok Gede Ditolak Ikut Rangkaian Ibadah Haji, Ini Alasannya

Seharusnya mereka berangkat pada Senin (8/7/2019) dari Asrama Haji Embarkasi ke Bandara Soekarno Hatta menuju Arab Saudi.

"Yang ditundanya sebenarnya suaminya karena sakit tapi istrinya (Sri Wahyuni) setia sama suaminya jadi ikut ekses istilahnya, pendamping enggak ikut berangkat juga," jelasnya.

Yani menuturkan, sesuai peraturan Menteri Kesehatan nomor 15 tahun 2016, tentang istithaah atau kesehatan jemaah haji, maka Suwarno yang mengidap penyakit gagal ginjal stadium empat ditunda keberangkatannya.

SIMAK! Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan Jemaah Haji Kota Tangerang Selatan

"Kondisinya tidak memenuhi syarat dan terpaksa ditunda karena masuk kriteria istithaah salah satunya gagal ginjal stadium 4 dan 5," jelasnya.

Akan tetapi, Yani mengungkapkan tidak semua pengidap gagal ginjal tidak bisa berangkat haji. Semua itu tergantung persyaratan lainnya jika terpenuhi.

"Ada jemaah yang memiliki penyakit sama tapi kondisi masih memenuhi syarat dan bisa diberangkatkan. Itu semua tergantung dengan kondisinya, kalau Suwarno ini wajahnya pucat dan kondisinya sangat lemah," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved