Kalah Bersaing di Jalur Prestasi, Murid Berprestasi Kini Coba Jalur Zonasi biar Masuk SMP Negeri

tidak lolosnya siswa berprestasi itu dimungkinkan calon siswa yang kurang cermat dalam memilih sekolah yang dituju.

Kalah Bersaing di Jalur Prestasi, Murid Berprestasi Kini Coba Jalur Zonasi biar Masuk SMP Negeri
Warta Kota/Muhammad Azzam
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatulah. 

Salah satu orang tua dari murid berprestasi berharap anaknya lolos tahap kedua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP setelah gagal di tahap pertama.

Tak lolosnya mereka masuk ke SMP negeri karena kalah dengan siswa yang dekat dengan sekolahnya yang menggunakan jalur zonasi radius.

“Anak saya rangking satu atau dua di sekolahnya. Kalah sama temannya yang urutan rangking hampir terakhir masuk ke negeri. Enggak adil kalau begini,” ucap si orangtua yang meminta namanya tidak disebut saat ditemui Wartakotalive.com, Selasa (9/7/2019).

Dijelaskannya, awalnya ia mendaftarkan anaknya ke SMP Negeri 4 Kota Bekasi melalui jalur prestasi. Orangtua ini merasa yakin anaknya bisa diterima tahap pertama karena nilai Ujian Nasional cukup baik 260. Di sekolah anaknya juga selalu juara kelas.

Namun ternyata anaknya tidak diterima di SMPN 4 karena kalah saing dengan peserta lainnya yang memiliki nilai diatas 260.

Kini orangtua tersebut mencoba mendaftarkan kembali anaknya di SMPN 4 melalui jalur zonasi. Dia berharap bisa diterima sebab jarak rumah dengan SMPN 4 sekitar 700 hingga 800 meter.

“Makanya, lagi bingung saya ini, mau masuk swasta engga ada uangnya. Terus pasti suka ada biaya-biaya lagi, belum lagi daftar ulang tiap tahunnya,” ucapnya.

Dimungkinkan nasib serupa dialami sejumlah calon siswa lainnya.

Salah jalur

Menjawab hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatulah mengatakan tidak lolosnya siswa berprestasi itu dimungkinkan calon siswa yang kurang cermat dalam memilih sekolah yang dituju.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved