Film

Demi Mendapatkan Rasa Sedih Annelies, Mawar de Jongh Harus Didorong Hanung Bramantyo hingga Menangis

Tidak mudah bagi Mawar de Jongh ketika memainkan peran Annelies di film 'Bumi Manusia'. Sutradara Hanung Bramantyo sampai harus 'menyakitinya'.

Demi Mendapatkan Rasa Sedih Annelies, Mawar de Jongh Harus Didorong Hanung Bramantyo hingga Menangis
Dokumentasi Falcon Pictures
Sutradara Hanung Bramantyo ketika mencoba memunculkan emosi kesedihan Mawar de Jongh yang memainkan perannya sebagai Annelies di film 'Bumi Manusia'. Film 'Bumi Manusia' akan tayang perdana di bioskop Indonesia pada 15 Agustus 2019. 

Para pemain film Bumi Manusia dituntut sutradara Hanung Bramantyo untuk dapat menjiwai setiap karakter yang mereka perankan.

Bahkan, Hanung Bramantyo tidak ragu 'menyakiti' para pemain filmnya agar rasa sakit tersebut bisa disalurkan lewat akting mereka.

Mawar De Jongh (17), yang terpilih memainkan peran sebagai Annelies, adalah salah satu bintang film yang mendapatkan kesulitan saat berakting sedih.

Mawar De Jongh usai peluncuran trailer dan konferensi pers
Mawar De Jongh usai peluncuran trailer dan konferensi pers "Bumi Manusia" dan "Perburuan" di Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2019). (ANTARA/Dea N Zhafira)

Kesedihan Annelies tidak mudah dilakoni Mawar de Jongh. Padahal, menurut Hanung Bramantyo, Mawar de Jongh memiliki kesamaan seperti Annelies.

Menurut Hanung Bramantyo, dalam kehidupan nyata, apa yang dialami Mawar de Jongh hampir serupa dengan Annelies.

"Secara tubuh, pikiran dan jiwa, Mawar de Jongh sudah cukup memasuki alam Annelies. Apalagi didukung dari ayah Mawar yang juga seorang Belanda," kata Hanung Bramantyo berbincang, Selasa (9/7/2019).

Peran Annelies Membuat Mawar de Jongh Mengenal Pramoedya Ananta Toer dan Novel Bumi Manusia

Mawar De Jongh Kesulitan Jadi Annelies dalam Film Bumi Manusia

Lantaran dukungan ayahnya tersebut, bahasa Belanda bukan bahasa asing bagi Mawar de Jongh.

Hanya saja, pengalaman batin yang mestinya diolah menjadi kekuatan bagi Mawar de Jongh, rupanya justru terkubur oleh dirinya.

"Mawar de Jongh melupakan. Hal itu sangat wajar dilakukan semua manusia, apalagi usianya seumur Mawar. Tapi bagi aktor, pengalaman batin semacam itu menjadi modal besar. Saya mencoba merangsang Mawar menumbuhkan pengalaman batin itu," ujar Hanung Bramantyo.

Iqbaal Ramadhan dan Mawar de Jongh, pemeran Minke dan Annelies di film Bumi Manusia, meluncurkan poster film Bumi Manusia bersama sutradara Hanung Bramantyo dan Produser Frederica, serta Angga, cucu Pramoedya Ananta Toer, di Bioskop XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019).
Iqbaal Ramadhan dan Mawar de Jongh, pemeran Minke dan Annelies di film Bumi Manusia, meluncurkan poster film Bumi Manusia bersama sutradara Hanung Bramantyo dan Produser Frederica, serta Angga, cucu Pramoedya Ananta Toer, di Bioskop XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019). (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

Begitu sulitnya Mawar de Jongh menumbuhkan imajinasi saat beradegan dalam film Bumi Manusia, Hanung Bramantyo sering memintanya untuk mendorong dan memukul dirinya.

Halaman
12
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved