Berita Video

VIDEO: PPDB di Bekasi Banyak Diprotes Orangtua, Kepala Dinas Pendidikan Bilang Begini

Itu cuman sedikit dari 32 ribu calon siswa yang telah verifikasi, hanya berapa sekian persen kan yang mengalami kendala itu.

Terdapat sejumlah persoalan yang terjadi pada proses Penerimaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2019 tingkat SMP Negeri di Kota Bekasi.

Khususnya persoalan pada jalur zonasi, mulai dari anggapan ketidakadilan penerapan sistem zonasi bagi murid berprestasi atau memiliki nilai Ujian Nasional yang cukup tinggi. Mereka yang memiliki nilai UN tinggi atau prestasi harus tersingkir hanya karena jalur zonasi.

Atau kesalahan dalam menentukan titik koordinat radius, lokasi rumah calon siswa menuju sekolah tujuan. Sehingga menyebabkan ratusan orangtua calon siswa mendatangi kantir Dinas Pendidikan Kota Bekas.

Menjawab hal tersebut, Wartakotalive.com berkesempatan untuk mewawancarai secara eksklusif Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah di ruanganya pada Rabu (3/7/2019), berikut petikan wawancaranya.

Sejauh ini bagaimana proses PPDB Online 2019 di Kota Bekasi ?

Kondisinya lancar dan kondusif, meskipun terdapat sejumlah persoalan dikarenakan kesalahan pada penentuan titik koordinat radius pada jalur zonasi. Tapi itu sudah diselesaikan dan diperbaiki.

Hal-hal yang lain juga ada tapi tidak banyak, tapi jika dilihat semua persoalan itu sangat kecil dari total 32 ribu calon siswa yang verifikasi hanya ada sekitar 60 calon siswa aja yang mengalami persoalan.

Itu cuman sedikit dari 32 ribu calon siswa yang telah verifikasi, hanya berapa sekian persen kan yang mengalami kendala itu.

 Sistem zonasi pada PPDB Online 2019 Kota Bekasi dikeluhkan sejumlah orangtua. Bahkan, ada yang menyebut sistem itu tidak adil bagi mereka yang berprestasi?

Itu memang menjadi keluhan masyarakat, bukan hanya di Kota Bekasi tapi seluruh Indonesia. Oleh karena itu, keluar Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait perbaikan kuota jalur prestasi, yang awalnya minimal 5 persen menjadi 15 persen.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved