Berita Video

VIDEO: Imbas Pembangunan Pengolahan Sampah ITF Sunter, kibat Pembangunan ITF Sunter

“Awalnya masih bisa (di lokasi ITF Sunter). Katanya ada pembangunan jadi nggak boleh lagi. Nah abis puasa dipindah,” ujarnya.

VIDEO: Imbas Pembangunan Pengolahan Sampah ITF Sunter, kibat Pembangunan ITF Sunter
Warta Kota
Penumpukan sampah di sekitar ITF Sunter Jakarta Utara 

Pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter menimbulkan dampak negatif. Sampah jadi menumpuk di pinggir Jalan Danau Sunter Barat, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pantauan di lokasi, ada dua titik penumpukan sampah di Jalan Danau Sunter Barat, Tanjung Priok, JakartaUtara. Jarak antar keduanya saling berdekatan satu sama lain. 

Titik pertama berada sekitar satu kilometer dari lokasi pembangunan ITF Sunter. Ada terlihat sebuah truk oranye milik Dinas Lingkungan Hidup yang sedang parkir.

Sementara di sekitar truk, belasan gerobak sampah baik yang berisi sampah warga maupun kosong tampak terparkir. Sampah juga terlihat di atas rumput di sekitar lokasi. 

VIDEO: Ini Kontrakan Tempat Suami Gorok Istri Karena Tidak Mau Berhubungan Intim

VIDEO: PPDB di Bekasi Banyak Diprotes Orangtua, Kepala Dinas Pendidikan Bilang Begini

VIDEO: Kuasa Hukum Optimis Terdakwa Haris Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi Tak Dihukum Mati

Titik kedua berada pada jarak 500 meter dari lokasi pembangunan ITF Sunter. Kondisinya pun hampir serupa dimana ada belasan gerobak sampah di sekitar lokasi. 

Sebagian sampah di tempat itu juga banyak yanh berserakan. Bahkan genangan air yang berada di dekat juga dipenuhi sampah-sampah yang kebanyakan plastik dan stereofoam.

Seorang tukang sampah, Jaja (30) mengatakan mereka diminta untuk mengumpulkan sampah di lokasi itu oleh petugas sebelum diangkut dengan menggunakan truk sampah. 

“Pertama di sini itu disuruh pengawas (sampah), ngomong ke sopir (truk sampah). Kalau truk parkir di sini semua pada ngikut kemari,” kata Jaja, Senin (8/7). 

Padahal sebelum adanya rencana pembangunan ITF Sunter, mereka tidak pernah mengumpulkan sampah di tempat tersebut. Kondisi itu sudah terjadi sekitar bulan Mei 2019 silam atau sejak bulan puasa kemarin. 

“Awalnya masih bisa (di lokasi ITF Sunter). Katanya ada pembangunan jadi nggak boleh lagi. Nah abis puasa dipindah,” ujarnya.

Namun, sampah yang menumpuk dan berasal dari lima RW Kelurahan Sunter Agung yakni RW 1, 3, 4, 6, 7 itu akan bersih pada sore hari. Gerobak sampah yang dipakai juga ikut dirapikan. 

“Kalau udah sore ini semua sampah dinaikin ke mobil. Sore mobil berangkatt ini dah rapi. Gerobak semua di pinggirin,” kata dia.

Sekadar informasi, Pemprov DKI Jakarta melakukan groundbreaking proyek pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (20/12/2018).

Proyek fasilitas pengelolaan sampah dalam kota itu pembangunannya dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo dan bermitra dengan perusahaan Finlandia, Fortum.

ITF Sunter dinilai dapat mengurangi permasalahan pengelolaan sampah yang selama ini hanya mengandalkan TPST Bantargebang, Bekasi. Kapasitas ITF Sunter bisa mengolah seperempat dari total produksi sampah di Jakarta. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved