Aparatur Sipil Negara

Dua Kali Ikut Seleksi, Juaini Dilantik Jadi Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI

Mantan Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur itu mengungkapkan, untuk bisa mendapatkan posisi sebagai Kepala Dinas SDA DKI tidaklah mudah.

Dua Kali Ikut Seleksi, Juaini Dilantik Jadi Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI
Kompas.com/Ryana Aryadita Umasugi
Kepala Sumber Daya Air DKI Juaini, salah satu dari 16 pejabat eselon II yang dilantik Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019). 

Gubernur DKI Anies Baswedan melantik 16 pejabat tingkat pratama (eselon II), hasil seleksi dan lelang jabatan yang dilakukan tahun ini.

Salah satu pejabat yang dilantik itu adalah Juaini.

Juaini dilantik sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, menggantikan dua pelaksana tugas sebelumnya, Yusmada Faizal dan Rodia Renaningrum.

Mantan Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur itu mengungkapkan, untuk bisa mendapatkan posisi sebagai Kepala Dinas SDA DKI tidaklah mudah.

Juaini menjalani dua kali seleksi dan lelang jabatan itu. 

Janji Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI yang Baru: Bikin Naturalisasi Sungai Sesuai Keinginan Anies

Gubernur Anies Ungkap Alasannya Pilih Kepala Dishub Baru

"Saya ikut lelang jabatan sudah dua kali, ini yang kedua kalinya. Alhamdulillah sekarang baru bisa lolos dan dipercaya, mudah-mudahan ke depannya bisa terus dipercaya," ujar Juaini di Balai Kota, Senin (8/7/2019).

Juaini mengatakan, bertekad mengikuti lelang jabatan di Dinas SDA DKI karena ingin kembali ke bidangnya.

Sebelum menjabat Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur, Juaini berkecimpung cukup lama di Suku Dinas SDA Jakarta Pusat, yakni sejak 2004 hingga 2013.

"Insya Allah kembali ke tugas. Dulu saya tangani banjir di Jakarta Pusat. Nah sekarang menyeluruh. Penanganan banjir sih semuanya harus kita prioritaskan karena semuanya penting untuk kepentingan masyarakat. Di mana ada genangan pasti langsung kita tangani maksimal," kata Juaini.

Sigit Hampir Setahun Jabat Pelaksana Kepala Dishub, Gubernur Anies Malah Pilih Syafrin Liputo

Anies Resmi Lantik 16 Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemprov DKI

Dalam proses seleksi jabatan ini Juani mengaku telah mengikuti beberapa tahapan selesik yang meliputi administrasi, tes tertulis, penulisan makalah, tes kesehatan, asesmen kompetensi, penilaian rekam jejak, dan wawancara dengan Anies.

Juaini sudah menyiapkan gebrakan agar Dinas SDA lebih menonjol dari dinas lainnya, namun tetap mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta sesuai arahan Anies.

"Ke depan kita buat naturalisasi yang diinginkan seperti Gubernur minta. Terutama ada perubahan-perubahan yang selama ini mungkin belum dikerjakan oleh SDA," kata Juaini.

"Kita akan bikin terobosan baru supaya SDA lebih kelihatan menonjol dibanding dinas lainnya," tambahnya.

Salah satu terobosan yang akan dilakukan oleh Juaini adalah membuat waduk dan sungai di Jakarta yang telah dinaturalisasi menjadi tempat berinteraksi masyarakat.

Namun, dia belum mau menjelaskan secara rinci karena baru saja dilakukan pelantikan. 

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved