Pasar Uang

Awal Pekan Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah

Pada awal pekan, nilai tukar rupiah terhadap dollar ditutup melemah. Faktor eksternal memiliki pengaruh pelemahan rupiah melemah hari ini.

Awal Pekan Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah
thinkstockphotos
Ilustrasi. Pada awal pekan, nilai tukar rupiah terhadap dollar ditutup melemah. Faktor eksternal memiliki pengaruh pelemahan rupiah melemah hari ini. 

Faktor yang paling mempengaruhi ialah data non-farm employment yang dirilis oleh Amerika Serikat pada akhir pekan lalu yang melebihi ekspetasi.

Faktor data ekonomi yang dirilis AS pada pekan lalu menjadi faktor utama penyebab melemahnya rupiah.

WARTA KOTA, PALMERAH--- Pada awal pekan, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup melemah.

Mengutip Bloomberg yang dilansir Kontan, Senin (8/7/2019), rupiah pasar spot melemah 0,18 persen ke level Rp 14.108 per dollar AS. 

Faktor eksternal memiliki pengaruh pelemahan rupiah melemah hari ini.

Penjelasan Analis Pasar Saham soal Emiten yang Baru Masuk ke Pasar Modal

Faktor yang paling mempengaruhi ialah data non-farm employment yang dirilis oleh Amerika Serikat pada akhir pekan lalu yang melebihi ekspetasi.

Selain itu ekspetasi pasar terhadap The Fed yang akan memangkas tingkat suku bunga menurun juga mempengaruhi pergerakan rupiah terdepresiasi hari ini.

Ekonom Pasar Uang Mandiri Sekuritas, Reny Eka Putri, mengatakan, ketidakpastian The Fed untuk memangkas suku bunganya dalam waktu dekat ditunjukan oleh pernyataan petinggi The Fed sendiri.

Perusahaan Mulai Membidik Bisnis Jual Mobil Bekas Lewat Online

Ketidakpastian itulah yang menyebabkan pasar lebih memilih dollar AS.

"Peluangnya memang cenderung dovish. Hal ini disambut oleh market juga karena kalau kita lihat situasi seperti ini, orang larinya akan ke dollar AS," kata Reny.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved