Waspada Software Pembersih Palsu, Ada 1,4 Juta Orang Kena Tipu

Para ahli Kaspersky mendeteksi adanya peningkatan dua kali lipat terkait jumlah pengguna yang terserang melalui software pembersih palsu.

Waspada Software Pembersih Palsu, Ada 1,4 Juta Orang Kena Tipu
thinkstockphotos
Ilustrasi. Para ahli Kaspersky baru-baru ini mendeteksi adanya peningkatan dua kali lipat terkait jumlah pengguna yang terserang melalui software pembersih palsu atau cleaner. 

Program penipuan dirancang untuk mengelabui pengguna agar membayar sejumlah uang yang diduga sebagai biaya perbaikan komputer yang serius.

Berdasarkan angka, jumlah pengguna yang terkena serangan mencapai 1.456.219 selama paruh pertama 2019.

WARTA KOTA, PALMERAH--- Para ahli Kaspersky baru-baru ini mendeteksi adanya peningkatan dua kali lipat terkait jumlah pengguna yang terserang melalui software pembersih palsu atau cleaner.

Para pengguna ini terserang melalui program penipuan yang disematkan oleh penjahat siber di dalam software pembersih palsu tersebut.

Program penipuan dirancang untuk mengelabui pengguna agar membayar sejumlah uang yang diduga sebagai biaya perbaikan komputer yang serius.

Ingin seperti Warren Buffett, Ini Daftar Buku Investasi Bacaan Orang Terkaya di Dunia

Berdasarkan angka, jumlah pengguna yang terkena serangan mencapai 1.456.219 selama paruh pertama 2019.

Angka ini meningkat dibandingkan pada periode yang sama pada 2018, yaitu berjumlah 747.322.

Bahkan, selama paruh pertama 2019 diinformasikan bahwa beberapa upaya serangan menjadi lebih canggih dan semakin berbahaya.

Asus ROG Phone 2 Siap Dirilis 23 Juli 2019

Dalam kasus penipuan ini, para pelaku kejahatan siber memanfaatkan software pembersih palsu untuk menyamarkan malware seperti trojan atau ransomware agar masuk ke komputer milik korbannya.

Waspada Software Cleaner Palsu

Halaman
123
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved