Berita Duka

Kepala BNPB Puji Semangat Sutopo Layani Masyarakat di Tengah Rasa Sakit

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo angkat topi untuk mendiang anak buahnya, Kepala Pusat Data, Informasi, Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Kepala BNPB Puji Semangat Sutopo Layani Masyarakat di Tengah Rasa Sakit
Warta Kota/Gopis Simatupang
Kepala BNPB, Letjen Doni Monardo, memuji kiprah Sutopo Purwo Nugroho di BNPB, saat mendatangi rumah duka mendiang anak buahnya itu, di kompleks Raffles Hills, Cimanggis, Kota Depok, Minggu (7/7/2019). 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo, angkat topi untuk mendiang anak buahnya, Kepala Pusat Data, Informasi, Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Sutopo tetap semangat melayani masyarakat meski fisiknya tengah digerogoti kanker paru-paru stadium IVB.

Setelah bertarung habis-habisan melawan penyakit mematikan itu, Sutopo akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya, Minggu (7/7/2019) pukul 01.20 WIB atau 02.20 waktu Guangzhou, di St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China.

"Beliau pekerja keras dan tidak pernah mengeluh, selalu ingin belajar, dan semangatnya untuk memberikan informasi kepada publik luar biasa," ujar Doni saat berada di rumah duka, kompleks Raffles Hills, Cimanggis, Kota Depok, Minggu (7/7/2019).

Doni mengaku telah lama mengagumi sosok Sutopo, bahkan sebelum menjadi pucuk pimpinan BNPB.

 Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia Saat Pengobatan Kanker Paru Stadium 4, Ini Unggahan Terakhirnya

 Tuntunan Ustadz Abdul Somad Saat Salat Sunat Ditepuk Pundak oleh Makmum dan Hukum Air Dibacakan Doa

 Ini Foto Pose Senyum Thoriq Rizki Maulidan yang Terakhir Sebelum Jenazahnya Ditemukan di Jurang

Saat masih menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden-Wakil Presiden (Danpaspampres), antara tahun 2012-2014, Doni mengaku telah acap kali berkomunikasi dengan pria yang di kemudian hari jadi anak buahnya itu.

"Beliau bisa mengumpulkan kepingan-kepingan berita informasi dari seluruh BPBD, merangkum menjadi sebuah risalah kejadian dan juga ikut memberikan analisis tentang apa-apa yang perlu dilakukan," ucap Doni memuji kecakapan Sutopo.

Karena kemampuannya dalam memberi penjelasan penanganan bencana di Tanah Air, Doni pun mengakui bahwa sumbangsih Sutopo untuk BNPB, bahkan Indonesia, sangat besar.

"Beliau juga telah membesarkan nama BNBP sejak BNBP dilahirkan pada tahun 2008 yang lalu. Kemudian sejumlah prestasi yang telah diraih oleh BNBP, ini adalah karyanya pak Topo," katanya.

Doni menambahkan, keluarga besar BNPB sangat merasa kehilangan sosok Sutopo, dan berharap almarhum ditempatkan di sisi-Nya.

 Kepala Humas BNPB Sutopo Meninggal Akibat Kanker Paru Stadium 4, Kenali Gejala dan Penyebabnya

 SEDANG Viral Ketik Monyet Cukur Rambut Muncul Foto Jokowi dan Donald Trump, Ini Penjelasan Google

 Hancurnya Hati Seorang Ibu Saat Suami Mengangkat Tengkorak Anaknya dari Mulut Buaya yang Memangsanya

"Bagi kami pak Topo adalah pahlawan kemanusiaan," tutur Doni.

Sutopo Purwo Nugroho dinyatakan meninggal dunia, Minggu (7/7/2019) sekitar pukul 02.20 waktu Guangzhou atau sekitar pukul 01.20 WIB.

Untuk diketahui, sejak divonis menderita kanker paru-paru stadium IVB pada Desember 2017, Sutopo masih terus gigih dalam melakukan upaya pengobatan maupun dalam menginformasikan berbagai kejadian bencana yang terjadi di Indonesia selama 2018 hingga pertengahan 2019.

Bahkan Sutopo masih sempat melakukan konferensi pers secara berkesinambungan pada saat terjadi bencana gempabumi Lombok dan gempabumi Palu di tengah rasa sakit yang menderanya. (gps)

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved