Breaking News:

Ibadah Haji

Tahapan Yang Harus Dilakui Jemaah Haji Kloter Pertama Sebelum Berangkat Besok

Serangkaian tahapan harus dilalui setiap anggota jemaah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci. Apa saja tahapan itu?

Warta Kota/Dwi Rizki
Suasana persiapan pemberangkatan jemaah calon haji kloter pertama Jakarta-Pondok Gede (JKG) di Gedung Serbaguna (SG) 2, Asrama Haji Pondok Gede, Makasar, Jakarta Timur pada Minggu (7/7/2019). 

Jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama dari Jakarta akan diberangkatkan pada Minggu (7/7/2019).

Namun, sebelum meninggalkan Tanah Air,  385 orang calon haji  itu harus menjalani sejumlah tahapan.

Wakil Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Jemaah Calon Haji Kementerian Agama, Deni Rusli, mengatakan, begitu diterima di Asrama Haji Pondok Gede, setiap anggota jemaah haji harus menjalani pemeriksaan kesehatan terakhir. 

Para jemaah haji kloter pertama Jakarta yang berasal dari Jakara Selatan itu diperiksa oleh tim dokter  Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno Hatta.

Kemudian, setiap anggota kloter akan menerima kartu makan yang berlaku untuk tiga kali makan dan dua kali kudapan, serta kartu kamar penginapan Asrama Haji. 

Begini Tahapan Perjalanan Haji Indonesia 1440 Hijriah, Gelombang Pertama Diberangkatkan Malam Ini

Sebanyak Empat Kloter Haji Asal Jawa Barat Tiba di Asrama Haji Embarkasi Bekasi pada Hari Ini

"Setelah itu jemaah akan menerima gelang identitas, menerima gelang berkode batang (barcode), menerima paspor, menerima living cost (uang saku). Bagi yang belum biometrik, akan dilakukan biometrik," ujar Deni,  saat ditemui di Ruang Serbaguna 2, Asrama Haji Pondok Gede, Makasar, Jakarta Timur, Sabtu (6/7/2019).

Rekam biometrik merupakan metode untuk mengenali seseorang berdasarkan ciri-ciri fisik, karakter, dan perilaku berdasarkan rekam retina, sidik jari dan pola wajah.

Proses itu dibutuhkan sebagai salah satu syarat utama keimigrasian.

Seusai melalui tahapan itu, para anggota jemaah akan diantar menggunakan bus wara wiri ke penginapan yang berada di sisi selatan komplek Asrama Haji.

Para anggota jemaah bisa beristirahat sekaligus menjalani sejumlah kegiatan, seperti ibadah bersama dan bimbingan ibadah terakhir, yaitu bimbingan manasik haji (Bimsik) mulai dari cara mengenakan pakaian ihram, juga kembali memraktikan tawaf, sa'i, dan melempar jumrah.

Halaman
12
Penulis:
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved