Tenaga Kerja

Janji Bupati Bekasi, SDM Penduduk Berkualitas Pasti Direkrut Perusahaan

Peraturan Bupati No.9/2019 tentang Perluasan Kesempatan Kerja menjadi pintu lowongan kerja bagi warga di sembilan kawasan industri di Bekasi

Janji Bupati Bekasi, SDM Penduduk Berkualitas Pasti Direkrut Perusahaan
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Kantor Bupati Bekasi. 

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja berjanji akan lebih banyak lowongan kerja bagi warga Kabupaten Bekasi. 

Eka yang baru dilantik secara resmi sebagai Bupati Bekasi pada 12 Juni lalu memulai masa kerjanya dengan mengumumkan tersedianya 1.937 lowongan kerja.

Lowongan kerja itu tak lepas dari upayanya menggandeng empat dari sembilan kawasan industri di Kabupaten Bekasi dalam satu bulan terakhir.

"Alhamdulillah, sosialisasi Peraturan Bupati No.9/2019 tentang Perluasan Kesempatan Kerja disambut baik oleh pihak swasta. Tentu saya berharap, lowongan kerja yang kami sediakan ini turut membantu masyarakat dalam memperoleh pekerjaan," ujar Eka, Sabtu (6/7/2019).

Menurut mantan Ketua DPRD Kabupaten Bekasi itu kesediaan pihak swasta untuk menyerap tenaga kerja lokal melalui payung hukum perbup itu, tetap harus dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia setempat yang memadai.

Ribuan Lowongan Kerja di Bekasi Tidak Sebanding dengan Angka Pengangguran

12 Gerbong Bekas Terbakar, Perjalanan KA di Stasiun Purwakarta Lancar, PT KAI Selidiki Kasus Ini

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi yang secara rutin menggelar pelatihan tenaga kerja dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, punya pekerjaan yang tak ringan.

Pelatihan tenaga kerja ke depan harus bisa memenuhi tuntutan Revolusi Industri 4.0.

"Tahun lalu ada 11 pelatihan berbagai bidang yang bisa diikuti calon tenaga kerja dan latihan ini diadakan secara gratis oleh UPTD Pelatihan Kerja," ujar Eka.

Adapun 11 pelatihan kerja itu di antaranya administrasi perkantoran, pemprograman, mesin produksi, operator bubut, welding (las), welding las CO2, instalasi listrik, listrik PLC, teknik kendaraan ringan, otomotif sepeda motor dan teknisi perbaikan bodi kendaran serta pengecatan kendaraan.

Pelayanan Bus DAMRI Bandara Soetta Alami Gangguan, Manajemen Sebut Provokator Bikin Ulah

Tahapan Yang Harus Dilakui Jemaah Haji Kloter Pertama Sebelum Berangkat Besok

"Instruktur dari pelatihan ini kami pilih yang berkompeten, sehingga mampu menghasilan tenaga kerja yang memiliki daya saing," imbuhnya.

Menurut Eka, Pemerintah Kabupaten Bekasi wajib memfasilitasi warganya untuk memperoleh pekerjaan.

Apalagi sembilan kawasan industri yang ada di Kabupaten Bekasi tidak hanya terbesar di Indonesia,  tapi juga di Asia Tenggara.

Data terakhir, kata dia, Kabupaten Bekasi menyumbang 34,46 peren modal asing dan nasional di Indonesia, bahkan 22 persen volume ekspor nasional dikirim dari Kabupaten Bekasi.

Adapun sembilan kawasan industri tersebut adalah  East Jakarta Industrial Park (EJIP), MM 2100, Jababeka I dan II, Bekasi International Industrial Estate (BIIE), Delta Silicon I dan II, Deltamas, Kawasan Hyundai, Bekasi Fajar Estate dan Kawasan Lippo Cikarang. 

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved