Lansia

Hari Lanjut Usia Nasional ke 23, Jakarta Jadi Tuan Rumah Workshop Kesehatan Lansia

Pemprov DKI Jakarta menjadi tuan rumah kegiatan workshop kesehatan lansia dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23.

Hari Lanjut Usia Nasional ke 23, Jakarta Jadi Tuan Rumah Workshop Kesehatan Lansia
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama tamu undangan memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23 di Balai Kota DKI, Jumat (5/7/2019). 

Pemprov DKI Jakarta menjadi tuan rumah kegiatan workshop kesehatan lansia dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23.

"Alhamdulillah pada hari ini kita di DKI Jakarta berterima kasih bahwa Kementerian Kesehatan menyelenggarakan kegiatan workshop di tempat kami," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jumat (5/7/2019).

Adapun tema yang diangkat kali ini, yakni Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lansia, Menuju Terwujudnya Lansia Indonesia yang Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif.

"Peringatan Hari Lanjut Usia Nansional dalam bentuk workshop adalah sesuatu yang penting.

Kita menyadari bahwa begitu berbicara tentang masyarakat lanjut usia, maka sesungguhnya kita berbicara tentang hasil pembangunan manusia," kata Anies.

Selain penyelenggaraan workshop, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan peluncuran pedoman untuk puskemas dalam program Perawatan Jangka Panjang (PJP) bagi lansia dan panduan praktis untuk caregiver (pengasuh) dalam PJP bagi lansia.

Diketahui kegiatan workshop kesehatan lansia tahun 2019 ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari, perwakilan Pemprov dari seluruh wilayah Indonesia, organisasi profesi, akademisi, dan LSM pemerhati lansia.

Kolaborasi bersama lintas sektor dan lembaga tersebut diharapkan dapat menyusun inovasi baru dalam upaya pelayanan kepada masyarakat lanjut usia Indonesia.

"Saya harap ini peringatan yang benar-benar kita ingat bahwa masalah lansia harus kita siapkan solusinya dengan baik.

Kita harus punya langkah-langkahnya sehingga hari lansia bukan jadi seremoni saja.

Halaman
12
Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved