Genangan di Jakarta

Sedimen di Saluran Air Kalibata Tengah Setebal 40 cm Rawan Mengakibatkan Munculnya Genangan

Saluran tersebut rawan menyebabkan genangan di kawasan sekitarnya, lantaran sedimen lumpur yang sudah cukup tebal, mencapai 40 cm.

Sedimen di Saluran Air Kalibata Tengah Setebal 40 cm Rawan Mengakibatkan Munculnya Genangan
Warta Kota/Istimewa
Puluhan petugas dari satuan Pelaksana Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Pancoran akhirnya melakukan pengurasan saluran yang berada di Jalan Kalibata Tengah I, RW 06, Kelurahan Kalibata. 

Puluhan petugas dari Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Pancoran akhirnya melakukan pengurasan saluran yang berada di Jalan Kalibata Tengah I, RW 06, Kelurahan Kalibata.

Saluran tersebut rawan menyebabkan genangan di kawasan sekitarnya, lantaran sedimen lumpur yang sudah cukup tebal, mencapai 40 cm.

Kasatpel Sudin Sumber Daya Air Kecamatan Pancoran Supri mengatakan, kegiatan kuras saluran ini bertujuan untuk melancarkan aliran air dan membersihkan sampah serta sedimen untuk mencegah terjadinya genangan.

"Pengurasan saluran ini dilaksanakan oleh 16 orang Satgas (Satuan Petugas). Menggunakan peralatan cangkul, linggis, ember, gerobak, dan karung," ujarnya, Rabu (3/7/2019).

Sedimen Tebal di Saluran di Jalan Cikoko Barat Sebabkan Genangan saat Hujan

Supri merinci, dimensi saluran yang saat ini dikuras memiliki lebar 120 sentimeter dengan tinggi saluran berkisar 60 sampai 70 sentimeter dan tebal sedimen 40 sentimeter.

"Pengurasan sudah dimulai sejak Sabtu, 29 Juni lalu, dengan panjang saluran yang dikuras kurang lebih 50 meter. Direncanakan selesai akhir minggu ini," katanya.

Sementara itu, sebelum ini, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Usmayadi mengatakan wilayah di Kecamatan Ciracas sudah terbebas dari bahaya banjir.

Namun demikian, ia tetap ingin warga di kecamatan yang membawahi 10 RW, 142 RT dan berpenduduk sekitar 70.000 jiwa itu, tetap siaga menghadapi ancaman banjir meski tak terdapat satu titik banjir pun di wilayahnya.

"Di Kelurahan Ciracas ini enggak ada titik banjir, hanya ada genangan air yang sifatnya dua jam setelah itu kering kembali. Tapi harus siaga banjir, harus siaga menghadapi musibah," kata Usmayadi di Kantor Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019).

Busa Muncul di Kali Bekasi karena Endapan Sedimen yang Terbawa dari Bogor

Secara khusus, Usmayadi meminta petugas Penanganan Pra Sarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Ciracas yang berjumlah 93 personel rutin membersihkan saluran air.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved