Satpol PP Depok Hancurkan 200 Bangunan Liar di Jalan Raya Cipayung

Sebanyak 200 bangunan permanen dan semipermanen yang berdiri secara ilegal atau liar di sepanjang Jalan Raya Cipayung, dibongkar.

Satpol PP Depok Hancurkan 200 Bangunan Liar di Jalan Raya Cipayung
Warta Kota/Gopis Simatupang
Satpol PP Kota Depok meruntuhkan 200 bangunan liar di sepanjang Jalan Raya Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Kamis (4/7/2019). 

Sebelum pembongkaran dilakukan, pihaknya telah lebih dulu melayangkan pemberitahuan kepada para pemilik bangunan liar, yang mayoritas merupakan pedagang.

Alasan pembongkaran 200 bangunan liar itu, terangnya, karena berdiri secara ilegal di area ruang terbuka hijau (RTH) yang menurut Undang-undang harus steril dari bangunan.

WARTA KOTA, DEPOK--- Sebanyak 200 bangunan permanen dan semipermanen yang berdiri secara ilegal atau liar di sepanjang Jalan Raya Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, dihancurkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Kamis (4/7/2019).

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kota Depok, Agus Muhammad, mengatakan, proses pembongkaran 200 bangunan liar itu diperkuat puluhan personel dan dibantu alat berat jenis backhoe.

"Kami tertibkan karena mengganggu kenyamanan dan keindahan lingkungan di sepanjang Jalan Raya Cipayung," ujar Agus di lokasi penertiban.

Ban Dalam Mobil Jadi Modus Penyembunyian 81 Kilogram Sabu

Dia menjelaskan, sebelum pembongkaran dilakukan, pihaknya telah lebih dulu melayangkan pemberitahuan kepada para pemilik bangunan liar, yang mayoritas merupakan pedagang.

"Kami sudah kasih tahu sebelumnya dan backhoe atau alat berat sudah standby di kantor Kecamatan Cipayung," kata Agus.

Renovasi Jembatan Mampang Rumit, Pengendara Dipaksa Sabar Bermacet Ria

Alasan pembongkaran 200 bangunan liar itu, terangnya, karena berdiri secara ilegal di area ruang terbuka hijau (RTH) yang menurut Undang-undang harus steril dari bangunan.

Dia berharap setelah penertiban tidak ada lagi warga yang mendirikan bangunan secara ilegal agar area sepanjang Jalan Raya Cipayung kembali kepada fungsi semula, yakni kawasan hijau.

S-Mobile Kecamatan Makasar Diharapkan Jadi Proyek Percontohan Di Jakarta

Dia menambahkan, operasi penertiban bangunan liar itu juga merupakan tindak lanjut dari penertiban pedagang kaki lima (PKL) di kawasan sepanjang Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC).

Saat ini, menurutnya, kawasan GDC sudah steril dari para PKL.

"Kami masih tetap berjaga di kawasan GDC Depok, karena sebelumnya kawasan itu memang pusat PKL untuk berjualan, jadi sebisa mungkin kami terus tertibkan," katanya.

Musibah Boeing 737 MAx, Boeing Akan Berikan Bantuan Dana Sebesar Rp 1,41 Triliun

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved