Berita Bekasi

Puluhan Relawan Belum Digaji, Ini Penjelasan BPBD Kota Bekasi

"Untuk gaji bulan Juni 2019, masih dalam proses penyusunan administrasi," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi Haryono pada Kamis (4/7/2019).

Puluhan Relawan Belum Digaji, Ini Penjelasan BPBD Kota Bekasi
flickr.com
ilustrasi uang gajian. 

BEKASI, WARTAKOTALIVE.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi menyatakan, dokumen surat perintah membayar (SPM) honor untuk 35 anggotanya sudah diserahkan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Dokumen itu, telah dikirim BPBD sejak Selasa (2/7/2019) lalu.

"Untuk gaji bulan Juni 2019, masih dalam proses penyusunan administrasi," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi Haryono pada Kamis (4/7/2019).

Hal itu diungkapkan Haryono menanggapi keluhan 35 anggota petugas harian lepas (PHL) BPBD yang belum digaji selama dua bulan dari Mei sampai Juni 2019.

Besaran gaji yang diterima relawan itu mencapai Rp 1,5 juta per bulan.

Haryono menjelaskan, pada triwulan I (Januari-Maret) pemerintah daerah telah mengalokasikan dana untuk membayar gaji relawan untuk bulan Desember 2018 dan Januari 2019.

Pembayarannya mengacu pada dokumen SPM tertanggal 6 Maret 2019.

Kemudian pada triwulan II (April-Juni), pemerintah kembali mengalokasikan anggaran untuk pembayaran gaji selama tiga bulan yakni Februari-April.

Pembayarannya sesuai SPM yang terbit pada tanggal 21 Mei 2019.

Sayangnya, pada bulan Juni 2019 alokasi anggaran triwulan II sudah tidak ada, sehingga perlu diadakan pergeseran alokasi triwulan untuk membayar gaji bulan Mei.

Pergeseran tersebut membutuhkan proses, sedangkan pada bulan Juni 2019 terdapat cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H sampai tanggal 10 Juni.

"Lalu gaji bulan Mei 2019 sudah diajukan juga sesuai dengan SPM tertanggal 2 Juli. Sedangkan gaji bulan Juni, masih dalam tahap proses penyusunan," ungkapnya. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved