Berita Video

VIDEO: Warga Kelurahan Pejagalan Didata Pemerintah Jakarta Utara, Permanen dan Non Permanen

“Ini bukan yang pertama dilakukan Sudin Dukcapil Jakarta Utara. Kali ini fokus pada pendataan penduduk non permanen pascalebaran kemarin,” kata Desi P

VIDEO: Warga Kelurahan Pejagalan Didata Pemerintah Jakarta Utara, Permanen dan Non Permanen
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma (kiri), meninjau kegiatan pendataan kependudukan di RW 04 Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (3/7/2019). 

Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar kegiatan pendataan kependudukan di kawasan RW 04 Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (3/7). Fokus pendataan adalah penduduk non permanen.

Sekretaris Kota Jakarta Utara, Desi Putra mengatakan kegiatan semacam ini sudah dilakukan untuk keempat kalinya pada tahun 2019 yakni di Kelurahan Tugu Utara, Kelurahan Penjaringan, Kelurahan Pegangsaan Dua, dan di Kelurahan Pejagalan

“Ini bukan yang pertama dilakukan Sudin Dukcapil Jakarta Utara. Kali ini fokus pada pendataan penduduk non permanen pascalebaran kemarin,” kata Desi Putra, Rabu (3/7).

Pendataan semacam ini bukan hanya peran Aparatur Sipil Negara (ASN) tapi juga melibatkan pengurus RT/RW untuk mendata di lingkungannya masing-masing. Sehingga pada akhirnya bisa ditemukan penduduk non permanen.

“Hingga saat ini ada sebanyak 5.228 jiwa penduduk non permanen di Jakarta Utara,” jelasnya.

VIDEO: Jambret Dalam Gang Sempit, Sikat Kalung Ibu Sedang Gendong Bayi

VIDEO: Polisi Tembak Otong, Pelaku Pembacokan Ketua RT di Pesing Poglar Cengkareng

VIDEO: Jakmania dan Slemania Adu Chants di Laga Persija Jakarta vs PSS Sleman Stadion Patriot

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma mengatakan pendataan kependudukan cara pemerintah memastikan kebutuhan dokumentasi kependudukan warga terpenuhi dengan baik.

“Insyaallah dengan adanya kegiatan-kegiatan intervensi langsung kepada masyarakat mudah-mudahan bisa menumbuhkan kesadaran yang tinggi bagi masyarakat,” tuturnya.

Diharapkan kesadaran masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan meningkat seiring adanya program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

“Bukan itu saja, kita sebagai aparatur pelaksana penyelenggara pelayanan juga memiliki kesadaran tinggi bahwa kita lah yang bertugas memenuhi hak-hak dokumen warga,” katanya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved