Berita Video

VIDEO: Ratusan Warga Calon Penghuni Ikut Lelang Rusun Tower Pulogebang

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman di (PRKP) DKI Jakarta mewajibkan calon penghuni melampirkan sejumlah persyaratan tambahan.

VIDEO: Ratusan Warga Calon Penghuni Ikut Lelang Rusun Tower Pulogebang
Warta Kota
Pendaftaran di Rusun Pulogebang 

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) DKI Jakarta kini tengah melakukan pendataan terhadap warga calon penghuni 12 unit Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang telah selesai dibangun saat ini.

Salah satunya seperti yang terlihat digelar Unit Pengelola (UP) Rusun Pulogebang di lantai Dasar Blok G, Rusun Pulogebang, Pulogebang, Cakung Jakarta Timur pada Rabu (3/7/2019). Ratusan warga yang sebelumnya terdaftar untuk menempati Rusun Tower Pulogebang terlihat mengantri untuk melakukan registrasi ulang.

Mereka membawa sejumlah dokumen, antara lain fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Surat Tanda Registrasi Ulang yang didapatkan usai menyerahkan sejumlah berkas, seperti fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi Surat Nikah, Surat Keterangan Belum Memiliki Rumah dari Kelurahan, Surat Keterangan Penghasilan, foto diri berwarna 3x4 sebanyak empat lembar dan foto diri berwarna 4x6 sebanyak satu lembar.

Salah satunya adalah Meilani (40) warga Jalan Pulogebang RT 13/04 Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur. Bersama seorang tetangganya, Resmi Sitanggang (42), ibu beranak dua itu mengaku sengaja hadir untuk menyelesaikan proses pengundian unit rusun.

Namun, lantaran proses pendaftaran ulang diikuti ratusan warga yang diketahuinya lebih dahulu datang, dirinya yang tiba sejak pukul 07.00 WIB itu mengaku belum dipanggil petugas hingga pukul 14.00 WIB. Padahal, waktu pendaftaran ulang hanya tinggal tersisa dua jam atau pukul 16.00 WIB.

"Saya dari pagi sampai jam segini belum dipanggil, ngantri panjang. Mudah-mudahan bisa cepat, soalnya (berkas) saya sudah lengkap," ungkapnya ditemui di Rusun Pulogebang pada Rabu (3/7/2019).

Harapannya menjadi kenyataan, beberapa menit berlalu, namanya terdengar dipanggil petugas. Dirinya pun beranjak dari tempat duduk menuju loket pendaftaran untuk menunjukkan sejumlah berkas.

Tidak berlangsung lama, usai didata petugas serta diberikan sosialisasi terkait persyaratan dan ketentuan tinggal di Rusun secara singkat oleh petugas, Meilani kemudian diarahkan ke meja pelayanan berikutnya, yakni membuat surat pernyataan tentang tata tertib tinggal di rusun dan surat kuasa terkait pembayaran sewa rusun.

Tahapan selanjutnya, Meilani kemudian diarahkan untuk menuju foto booth untuk pemotretan. Foto tersebut digunakan sebagai identitas diri dan data penghuni Rusun Tower Pulogebang.

"Sudah semua, lancar tinggal persyaratan tambahan aja, surat sehat, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) sama Surat Sehat dari RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah)," ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved