Transfer Pemain

Real Madrid Memperoleh 300 Juta Euro dari Klub-klub Inggris

Mateo Kovacic menambah panjang daftar pemain yang dijual Real Madrid ke klub di Liga Inggris.

Real Madrid Memperoleh 300 Juta Euro dari Klub-klub Inggris
Gilabola
Mateo Kovacic 

Mateo Kovacic resmi menjadi milik Chelsea, setelah klub London tersebut membayar 45 juta euro, atau sekitar Rp 800 miliar, kepada Real Madrid, Selasa (2/7).

Pemain asal Kroasia ini sudah dipinjam Chelsea sepanjang satu musim yang lalu, dan melihat transaksi kemarin tampaknya Chelsea sangat puas dengan kontribusi Kovacic.

Pembelian Kovacic ini ternyata mengungkap sebuah fakta yang tak kalah menarik, antara Real Madrid dengan klub-klub Inggris. Klub Ibu Kota Spayol itu ternyata salah satu pemasok pemain terbesar ke Liga Inggris selama 11 tahun terakhir.

Bukan hanya besar julahnya, tapi juga besar nilainya. Menurut laman Marca, sejak tahun 2008 Madrid berhasil menguangkan pemainnya senilai 300 juta euro. Jika dihitung nilai tukar saat ini nilainya sekitar Rp 4,8 triliun.

Pemain pertama yang dijual Los Blancos ke Inggris adalah Robinho pada tahun 2008. Ketika itu pemain Brasil ini dibeli oleh Manchester City dengan harga 42 juta euro. Zaman itu harga pemain belum melambung seperti sekarang.

Hubungan Madrid dengan City tak cuma berhenti di situ, sebab tahun 2017 klub kota Manchester tersbut membeli Danilo dengan harga 30 juta euro.

Pada tahun 2010, Madrid menjual Rafael van der Vaart ke Tottenham Hotspur dengan harga 10 juta euro.

Dua tahun kemudian, Esteban Granero yang mereka lepas ke Queens Park Rangers seharga 8 juta euro.

Tahun 2013, Madrid membuat kejutan dengan menjual Mesut Oezil ke Arsenal. Padahal selama itu Oezil disebut sebagau gelandang terbaik dunia.

Untuk berpisah dengan Oezil, Madrid meminta 45 juta euro dari Arsenal. Nilai tersebut memecahkan rekor nilai pembelian pemain di klub London Utara tersebut.

Setahun kemudian, sebuah rekor terpecahkan lagi. Kali ini dengan penjualan Angel di Maria ke Manchester United (MU), dengan harga 75 juta euro.

Pemecahan rekor masih berlanjut, yakni di tahun 2017 saat Los Blancos menjual Alvaro Morata ke Chelsea dengan harga 80 juta euro.

Bukan tidak mungkin akan ada transaksi-transaksi lainnya antara Madrid dan Inggris di masa depan. Kemungkinan yang terdekat adalah penjualan Gareth Bale ke MU.

Hanya saja, kabarnya transaksi Bale ini berkaitan dengan Paul Pogba. Maksudnya, Madrid ingin membeli Pogba dari MU dengan menjadikan Bale sebagai bagian dari pembayarannya.

Penulis: AC Pingkan U
Editor: AC Pinkan Ulaan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved