Diskusi FMB9 : Apa Yang Terjadi Di Balik Kebijakan Zonasi

Penerapan sistem ini untuk mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia dan mempermudah anak memperoleh pendidikan

Diskusi FMB9 : Apa Yang Terjadi Di Balik Kebijakan Zonasi
warta kota/nur ichsan
Sekjen Kemenkominfo, Rosarita Niken Widiastuti, membuka secara resmi Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9, bertema Di Balik Kebijakan Zonasi, yang menghadirkan narasumber Chatarina Muliana Girsang (Staf Ahli Mendikbud Bidang Regulasi), Hetifah Sjaefudian (Wakil Ketua Komisi X DPR), Hari Nurcahya Murni (Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Dalam Negeri) dan Ahmad Su’adi (Ombudsman RI) 

WARTA KOTA, GAMBIR  -------  Penerapan kebijakan sistem zonasi di bidang pendidikan kembali dilakukan, namun sayangnya sejumlah persoalan muncul di berbagai daerah.

“Kebijakan sistem zonasi ini merupakan tahun sejak 2017, yang masih bersifat alternatif, cuma sayangnya semua itu tidak berjalan dengan baik”, kata Staf Ahli Mendikbud Bidang Regulasi, Chatarina Muliana Girsang saat menjadi narasumber di acara diskusi media Forum Media Barat 9 (FMB9), yang mengambil tema, Di Balik Kebijakan Zonasi, Senin (1/7/2019).

Sebenarnya tujuan dari penerapan sistem ini punya maksud baik, yakni mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia, agar anak usia sekolah di tanah air dapat memperoleh akses seluas luasnya masuk ke sarana pendidikan.  

"Sayangnya akibat kejadian ini timbul masalah seperti ini, dan ternyata setelah dilakukan uji publik banyak ditemukan penyimpangan”, ujar Chatarina..

Padahal melalui sistem ini digharapkan adanya pemerataan guru berkualitas dan membantu pemerintah bisa menyalurkan bantuan tepat, serta mampu memutus beragam penyimpangan terkait pendaftaran peserta didik baru, karena adanya tradisi eksklusifitas dan diskriminasi sekolah negeri. 

“Semua ini bertujuan untuk pemerataan, biar tidak semua pada lari ke sekolah favorit, begitu juga dengan guru-guru dan lainnya”, ucapnya.

Selain adanya persoalan seperti di atas ternyata sistem ini juga ada kebaikannya yaitu dalam jangka panjang, akan terjadi pemerataan dalam pendidikan.

“Sistem zonasi ini membawa kebaikan karena makin mendekatkan anak dengan sekolah dan adanya optimalisasi peningkatan karakter anak serta frekwensi pertemuan antara anak dan orangtua semakin berkualitas”, ucap terangnya lagi.

Beberapa narasumber selain Chatarina memberikan pandangannya dalam diskusi bertema, Di Balik Kebijakan Zonasi, seperti Hetifah Sjaefudian (Wakil Ketua Komisi X DPR), Hari Nurcahya Murni (Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Dalam Negeri) dan Ahmad Su’adi (Ombudsman RI).

Penulis: Nur Ichsan
Editor: M Nur Ichsan Arief
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved