Berita Video

VIDEO: Meriahnya Perayaan HUT ke 58 Kolinlamil di Tanjung Priok

Kesenian seperti tari dari Aceh, Jawa Barat dan Papua serta rampak beduk juga dikemas secara kolosal dalam satu kesatuan tanpa meninggalkan kekhasan

VIDEO: Meriahnya Perayaan HUT ke 58 Kolinlamil di Tanjung Priok
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Panglima Komando Lintas Laut Militer, Laksamana Muda TNI Herru Kusmanto 

Upacara peringatan HUT ke 58 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) digelar dengan parade militer di Lapangan M. Silam, Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (1/7).

Panglima Komando Lintas Laut Militer, Laksamana Muda TNI Herru Kusmanto didaulat sebagai inspektur upacara dan Komandan KRI Banda Aceh Letkol Laut (P) Ali Setiandi dipercaya jadi komandan upacara.

Usai parade, atraksi keterampilan prajurit juga diperagakan seperti semaphore dan bela diri taekwondo.

Kesenian seperti tari dari Aceh, Jawa Barat dan Papua serta rampak beduk juga dikemas secara kolosal dalam satu kesatuan tanpa meninggalkan kekhasan masing-masing.

Rangkaian upacara ditutup dengan defile pasukan dari berbagai elemen TNI, Polri, instansi kemaritiman dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melintasi mimbar sembari memberi penghormatan kepada Inspektur Upacara didampingi para Panglima Kolinlamil dari masa ke masa.

Panglima Komando Lintas Laut Militer, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto mengatakan peringatan HUT ke-58 Kolinlamil menjadi momentum tepat untuk introspeksi dan evaluasi diri guna meningkatkan kinerja dalam pengabdian kepada TNI AL, TNI, serta bangsa dan negara.

VIDEO: Politisi Gerindra dan Mantan Menpora Adhyaksa Dault Harap DPRD DKI Segera Tetapkan Wagub

VIDEO: PPDB SMP di Bekasi Terlihat Sepi

VIDEO: Motor Gede dan Mobil Hias SKPD Tutup Iring Iringan Parade Jakarnaval 2019

“Prajurit Kolinlamil harus menjadi prajurit/pejuang dan patriot yang memiliki kesetiaan dalam mengabdikan diri kepada negara dan bangsa,” ungkap Heru.

Menurut Heru, hal ini sejalan dengan tema HUT Kolinlamil yang diangkat kali ini, yaitu ‘Dilandasi jiwa Satya Wira Jala Dharma, Kolinlamil siap mendukung tugas Pokok TNI’.

“Jika kita jabarkan, Satya berarti Setia; Wira berarti Prajurit, Pejuang atau Patriot; Jala berarti Laut atau Samudera; dan Dharma berarti Pengabdian,” sambungnya.

Kolinlamil merupakan Kotama Operasi TNI bertugas menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI, baik pada Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan bantuan Angkutan Laut sesuai kebijakan Panglima TNI. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved