Breaking News:

Satpel Dukcapil Cipedak Bikin Terobosan Pelayanan Kependudukan Bernama Si Mas Gesit

Satpel Dukcapil Cipedak Bikin Terobosan Pelayanan Kependudukan Bernama Si Mas Gesit.

Penulis: Feryanto Hadi | Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Warta Kota/Joko Supriyanto
Layanan jemput bola yang digelar Sudin Dukcapil Jakarta Pusat di sejumlah sekolah. 

SUKU Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) melalui Satuan Pelayanan (Satpel) Kelurahan Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, menciptakan sebuah inovasi Si Mas Gesit (Sistem Manajemen Administrasi Kependudukan Warga Berbasis Informasi Elektronik) sebagai kemudahan pelayanan dokumen kependudukan bagi warga Kelurahan Cipedak.

Kasatpel Dukcapil Kelurahan Cipedak Anneke Iriany Fauzie mengungkapkan, inovasi ini diciptakan untuk menjawab aspirasi masyarakat dan memberikan kemudahan dalam mengurus dokumentasi kependudukannya.

Anneke menambahkan, di dalam sistem Aplikasi Si Mas Gesit terdapat enam pelayanan yang bisa diajukan oleh masyarakat.

Lagi dari Karawang, Satia Umur 7 Tahun Berbobot 97 Kg, Orangtua Berharap Pemerintah Turun Tangan

Naura Bangga Raih Triple Platinum

Di antaranya pengurusan KTP-El, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), Pindah Dalam DKI, Pindah Datang Luar DKI, dan Pindah Datang Dalam DKI.

"Jadi dengan aplikasi Si Mas Gesit ini memungkinkan warga datang ke kelurahan hanya satu kali datang saja," ujar Anneke, Senin (1/7).

Menurut Anneke, penggunaan aplikasi merupakan salah satu solusi cerdas dalam menjawab dinamika perubahan di era digital, dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah secara e-goverment untuk memfasilitasi warga dalam pendaftaran online kepengurusan dokumen kependudukannya.

Cukup dengan mengakses alamat web aplikasi Si Mas Gesit, (http://simasgesit.kependudukancapil.jakarta.go.id), warga langsung mendapatkan informasi syarat yang dibutuhkan.

Polda Metro Jaya Targetkan Pasang 80 Kamera Di 34 Lokasi Tahun Ini

PPDB SMP Negeri, Sekolah Favorit Masih Melekat dalam Benak Calon Siswa Kota Bekasi

"Dengan adanya aplikasi ini diharapkan efisien waktu pelayanan dan kesadaran warga terhadap pentingnya pelaporan peristiwa kependudukan meningkat," harapnya.

Sementara, Lurah Cipedak Rizki Januar, mengapresiasi atas terciptanya sebuah inovasi pelayanan publik yang dipelopori oleh Satpel Dukcapil Kelurahan.

Menurutnya, dengan sebuah inovasi ini warga diberikan kemudahan mengurus segala hal yang menyangkut dokumen kependudukan.

"Dengan ini warga dapat mengajukan dokumen yang diinginkan dengan mengupload syarat dokumen dari fitur aplikasi tersebut dari mana saja dan kapan saja melalui smartphone," kata dia.

Waspada Kemarau telah Tiba, Ada 823 Kebakaran di Ibu Kota Sepanjang 2019

HasiL PPDB Dinilai Tak Transparan Karena Tak Dicantumi Keterangan Jarak Atau Diterima Dari Jalur Apa

"Selanjutnya operator kelurahan memverifikasi data warga.Jika berkas sudah lengkap maka operator membuat jadwal tanggal warga untuk mengambil dokumen yang sudah jadi dengan menukarkan bukti cetak berbarcode dan berkas asli yang sudah diupload sebelumnya," tandasnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved