Breaking News:

HasiL PPDB Dinilai Tak Transparan Karena Tak Dicantumi Keterangan Jarak Atau Diterima Dari Jalur Apa

“Anak saya atlet sepakbola. Saya pikir di sistem zonasi ditolak, tapi coba lewat jalur prestasi mungkin diterima. Tapi tetap saja enggak lolos

Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Salah satu orangtua murid menulis keluhan di kertas karton sebagai ungkapan protes atas hasil PPDB tingkat SMA yang dianggap tidak transparan dan terkesan banyak kejanggalan, Senin (1/7/209). 

Sejumlah orangtua calon peserta didik merasa janggal dengan hasil pengumuman PPDB 2019 di Banten yang seharusnya diumumkan Sabtu (29/6/2019) dan diundur Senin (1/7/2019) ini.

Sejumlah orangtua siswa pun protes dan menuding PPDB tidak transparan dan terkesan ada kejanggalan.

Salah satunya adalah Erdy (40), orangtua calon peserta didik. Dia geram lantaran anaknya tidak diterima, sementara banyak calon peserta lain yang zonasinya yang lebih jauh tapi diterima di SMAN 1 Tangerang Selatan, Ciputat.

Erdy menduga ada oknum yang bermain curang dalam sistem zonasi PPDB di Banten ini.

Dia menjelaskan, jarak rumah dengan SMAN 1 Tangerang Selatan hanya sekitar 900 meter.

Namun terdapat beberapa orang yang diterima meskipun lebih dari 1 kilometer.

“Saya sebagai orangtua siswa, biarpun anak saya nggak keterima, ya saya nggak masalah. Saya cuma mau membuka transparansi di sekolah apakah ada dugaan praktik suap dan korupsinya. Saya dapat informasi banyak yang masuk lewat jalur belakang itu Rp 15 juta,” ucapnya kepada Wartakotalive.com.

Erdy mengaku mengetahui tempat tinggal beberapa siswa lainnya yang memiliki jarak sangat jauh, lebih dari 5 kilometer daripada rumahnya. Namun di data sementara hanya tertulis rumahnya berjarak sekitar 400 meter dari SMAN 1 Tangsel.

Orangtua calon peserta didik lainnya, Akat (48) juga melontarkan kekecewaannya terhadap pengumuman hasil PPDB 2019 di SMAN 1 Tangerang Selatan.

Apalagi dalam pengumuman online dan pengumuman di sekolah tidak dicantumi keterangan jarak serta jalur siswa yang diterima.

Halaman
123
Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved