Motor Baru

Anies Mau Naikkan Bea Balik Nama Kendaraan, Yamaha Berharap Ditunda

"Kalau kita lihat pasar sekarang belum ada stabilitas. Kita berharap kenaikan BBNKB sedapat mungkin ditahan dulu, khususnya untuk DKI

Anies Mau Naikkan Bea Balik Nama Kendaraan, Yamaha Berharap Ditunda
KompasOtomotif/Febri Ardani
Yamaha Lexi 125 

Gubernur DKI Jakarta berencana menaikkan tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBNKB) naik 2,5 persen, dari semula 10 persen menjadi 12,5 persen.

Wacana ini diharapkan bisa terealisasi mulai tahun ini, mengingat daerah di luar Jakarta sudah naik lebih dulu.

Namun, tidak semua agen tunggal pemegang merek (ATPM) pasrah menerima, beberapa menggangap keputusan tersebut akan mempersulit bisnisnya.

Salah satunya seperti yang diungkapkan Executive Vice President & COO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonosius Beti.

"Kalau kita lihat pasar sekarang belum ada stabilitas. Kita berharap kenaikan BBNKB sedapat mungkin ditahan dulu, khususnya untuk DKI yang pajak dan pendapatannya sudah besar. Jadi mungkin uang dari kenaikan BBNKB belum terlalu dibutuhkan," ucap Dyon kepada media usai meluncurkan penyegaran Lexi di Kemayoran, Sabtu (29/6/2019).

VIDEO: Politisi Gerindra dan Mantan Menpora Adhyaksa Dault Harap DPRD DKI Segera Tetapkan Wagub

VIDEO: PPDB SMP di Bekasi Terlihat Sepi

VIDEO: Motor Gede dan Mobil Hias SKPD Tutup Iring Iringan Parade Jakarnaval 2019

Pada Mei jelang Lebaran, menurut Dyon, pasar sudah mulai membaik, apalagi setelah pemilu selesai. Namun sebelumnya, Januari - April penyerapan pasar cenderung turun, bahkan ketika daerah lain menerapkan kenaikan tarif baru untuk BBNKB sempat terjadi penurunan sampai 10 persen.

Bila sekarang di tengah pasar otomotif yang mulai beranjak naik, tiba-tiba tarif BBNKB di Jakarta dikerek mengikuti daerah lain, Dyon memprediksi dampaknya akan membuat pasar kembali lesu.

"Iya pasti (berdampak pada pasar), itu akan memberikan shock therapy. Contoh seperti kenaikan di Jawa Barat, permintaan di Januari sampai April itu turun 10 persen. Tapi memang soal pajak ini kita tidak bisa apa-apa, kita ikut pemerintah saja," kata Dion.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Yamaha Harap Pemprov DKI Tunda Kenaikan BBNKB",
Penulis : Stanly Ravel
Editor : Agung Kurniawan

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved