Ada Laporan Dugaan Politik Uang, Caleg DPRD DKI Partai Gerindra Dipanggil Bawaslu DKI

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta melakukan pemanggilan terhadap terlapor, Wahyu Dewanto, Senin (1/7/2019).

Ada Laporan Dugaan Politik Uang, Caleg DPRD DKI Partai Gerindra Dipanggil Bawaslu DKI
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Komisioner Bawaslu DKI Jakarta, Puadi 

Kajian dan penelitian itu akan melibatkan Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk menentukan dugaan pelanggaran yang dilakukan terlapor.

Bawaslu DKI membutuhkan waktu selama sehari untuk melakukan kajian dan penelitian terkait pelaporan kasus dugaan politik uang yang dilakukan caleg nomor 4 daerah pemilihan (dapil) 8 Jakarta Selatan.

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK--- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta melakukan pemanggilan terhadap terlapor, Wahyu Dewanto, Senin (1/7/2019).

Pasalnya ada laporan dugaan politik uang yang dilakukan oleh calon legislatif (caleg) DPRD DKI dari Partai Gerindra itu.

Komisioner Bawaslu DKI Jakarta, Puadi, mengatakan, pemanggilan itu merupakan tindak lanjut menyusul dipenuhinya syarat formal dan materiil oleh pelapor, Yupen Hadi.

Lusa, Sudin Dukcapil Jakarta Utara Lakukan Pendataan WNI dan WNA di Penjagalan

“Sudah dilengkapi (syarat formal dan materiil), kasus dilanjutkan untuk penelitian dan kajian hari ini,” kata Puadi, Senin (1/7/2019).

Menurutnya, kajian dan penelitian itu akan melibatkan Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk menentukan dugaan pelanggaran yang dilakukan terlapor.

Hasil kajian akan dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

Tak Kunjung Selesai, Nikita Mirzani Hanya Ingin Cerai Resmi dengan Dipo Latief

“Syarat formal dan materiil yang dilengkapi pelapor di antaranya saksi yang terdiri dari 13 orang dimana 12 di antaranya saksi dari pelapor, dan 1 orang lainnya dari saksi tambahan,” katanya.

Bawaslu DKI membutuhkan waktu selama sehari untuk melakukan kajian dan penelitian terkait pelaporan kasus dugaan politik uang yang dilakukan caleg nomor 4 daerah pemilihan (dapil) 8 Jakarta Selatan.

“Kami telah melakukan pemanggilan terhadap terlapor dan terlapor telah bersedia untuk dikonfirmasi,” ujar Puadi.

Adaya Hotel Bekasi Bantah Adanya Penangkapan Terduga Teroris

Sekadar informasi Yupen Hadi melaporkan Caleg DPRD DKI dari Partai Gerindra Nomor 4 Dapil 8 Jakarta Selatan, Wahyu Dewanto, terkait dugaan politik uang.

Pemanggilan berdasarkan adanya laporan ke Bawaslu RI pada Jumat (31/5) dengan nomor laporan 24/LP/PL/Rl/00.00/V/2019 dan telah dilimpahkan ke Bawaslu DKI Jakarta dengan nomor laporan l069.A/K.Bawaslu/PM 06.00/VI/2019 yang diterima pada (10/6) dan telah diregister di Bawaslu DKI Jakarta dengan nomor register 023/LP/PL/Prov/12.00/Vl/2019.

Tentang adanya money politics diduga melanggar Pasal 280 ayat (l) huruf j. Pasal 523 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

2.000 Reklame di Kota Bekasi Ilegal

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved