81 Kamera Tilang ETLE Dipasang September Ini Demi Tekan Pelanggar Lalu Lintas

Rencananya pada September 2019 nanti, juga akan ada penambahan sebanyak 81 kamera akan dipasang di beberapa ruas lainnya.

81 Kamera Tilang ETLE Dipasang September Ini Demi Tekan Pelanggar Lalu Lintas
Wartakotalive.com/Budi Sam Law Malau
Dirlantas Polda Metro Kombes Yusuf saat melakukan sosialisasi kamera ETLE, Kamis (25/4). 

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya (PMJ) telah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sejak 1 November 2018 lalu. Yaitu untuk menindak pelanggar lalu lintas (lalin), dengan memasang kamera di ruas Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat.

Sampai saat ini telah terpasang 12 kamera yang telah terpasang di ruas jalan tersebut dan telah berhasil menekan jumlah pelanggar lalin sebanyak lebih dari 44 persen.

Rencananya pada September 2019 nanti, juga akan ada penambahan sebanyak 81 kamera akan dipasang di beberapa ruas lainnya.

"81 kamera itu rencananya September nanti akan dipasang. Pengadaannya oleh Pemprov DKI, melalui Dishub DKI," kata Kombes Pol Yusuf, Dirlantas PMJ, ketika dihubungi Warta Kota, Senin (1/6/2019).

Beberapa ruas jalan yang akan dipasang 81 kamera itu, lanjutnya, yaitu di sepanjang ruas jalan Kawasan Kota Tua - Gajah Mada -Thamrin - Sudirman - Blok M, sebanyak 26 kamera.

Lalu, di sepanjang Grogol-Pancoran sebanyak 22 kamera, sepanjang Halim-Cempaka Putih 17 kamera. Serta sepanjang ruas Rasuna Said-Gunung Sahari-Prof Dr Satrio 16 kamera.

"Penempatan kamera tersebut, kami pilih di titik-titik rawan pelanggaran lalin dan kemacetan. Di titik tersebut harus ada penerangan jalan serta aman dari aksi pencurian atau perusakan kamera," jelasnya.

VIDEO: Soal Ikan Asin, Galih Ginanjar Mengaku Hanya Bercandaan

VIDEO: Upacara Kenaikan Pangkat, 62 Anggota Polres Metro Jakarta Utara Diguyur Air Kembang

VIDEO: Meriahnya Perayaan HUT ke 58 Kolinlamil di Tanjung Priok

Kamera tersebut, kata Yusuf terdiri dari berbagai macam jenis seperti yang telah terpasang sebelumnya.

Seperti kamera check point untuk mendeteksi pelanggaran penggunaan safety belt atau sabuk pengaman dan penggunaan ponsel di dalam mobil atau pengendara sepeda motor.

Kamera ini juga bisa mendeteksi wajah pengendaranya. Sehingga tidak bisa mengelak dari pelanggaran yang dilakukannya.

Halaman
123
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved