Kuota PPDB SMP Negeri Kota Bekasi Jalur Prestasi Ditambah

Pemerintah Kota Bekasi menambah kuota jalur prestasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP negeri.

Kuota PPDB SMP Negeri Kota Bekasi Jalur Prestasi Ditambah
Warta Kota/Muhammad Azzam
Kurang Diminati, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK Negeri 14, Jatisampurna, Kota Bekasi hanya ada 25 calon siswa yang mendaftar untuk tahun ajaran 2019/2020. Gambar diambil Rabu (26/6/2019). 

WARTA KOTA, BEKASI--- Pemerintah Kota Bekasi menambah kuota jalur prestasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP negeri.

Penambahan kuota itu menyusul adanya surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 3 Tahun 2019 dan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2019.

"Jadi sesuai surat edaran Kemendikbud kami kurangi kuota jalur zonasi dan dialihkan untuk penambahan kuota di jalur prestasi. Karena jalur prestasi harus di atas 10 persen sesuai surat itu," kata Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Mawardi, kepada wartawan, Minggu (30/6/2019).

Api Sempat Muncul Lagi, Pemadam Kebakaran Masih Disiagakan

Mawardi mengatakan, kuota untuk jalur zonasi kini menjadi 83 persen yang awalnya 93 persen.

Adapun rincian jalur zonasi berdasarkan seleksi radius sebesar 73 persen dan seleksi berdasarkan afirmasi atau keluarga tidak mampu 10 persen.

Persentase itu dialihkan ke jalur prestasi, dari yang sebelumnya ditetapkan sebesar enam persen kini bertambah menjadi 15 persen.

Ponsel Huawei Bakal Kembali Dipasang Android?

"Jadi jalur prestasi ini bertambah, rincian seleksi berdasarkan USBN sebesar 12 persen dan seleksi berdasarkan prestasi akademik/non-akademik satu persen dan seleksi berdasarkan tahfidz quran sebesar dua persen," jelas Mawardi.

Pengalihan kuota dari jalur zonasi juga dilakukan untuk jalur perpindahan tugas orangtua.

Dari sebelumnya ditetapkan sebesar satu persen ditambah menjadi dua persen.

Ada Pekerjaan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Akan Ada Rekayasa Lalu Lintas Mulai Hari Ini

"Semua perubahan yang dilakukan sesuai surat edaran terbaru Kemendikbud. Agar porsi jalur prestasi baik nilai atau prestasi lain bisa lebih besar daya tampungnya. Perubahan itu telah kita sosialisasikan ke sekolah dan juga masyarakat," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved